Skip to main content

8 Usaha sampingan dengann modal kecil untuk mahasiswa dan karyawan

8 Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil untuk Mahasiswa, Karyawan dan Penganggur
bukupedia
Untuk mahasiswa atau karyawan yang bingung mencari usaha tambahan, berikut ide usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa dijalankan.

Ada begitu banyak pikiran yang melintas di benak teman-teman pastinya misalnya usaha butuh modal, usaha sangat susah dirintis, usaha butuh jaringan yang luas, usaha akrab dengan kata rugi dan untung, usaha sangat berisiko gagal,  dll. Apa lagi kalo kita  mendengar kata usaha kecil, paling paling yang mendominasi benak kita adalah pedagang kaki lima di lampu merah, warung-warung di pinggir jalan yang sepi pengunjung, jual pulsa, gorengan,  dll.


Singkatnya yang paling mendominasi pikiran kita adalah pikiran negatif, skeptis, ragu-ragu, ketakutan dan dominasi cari aman yang membuat kita berpikir
usaha/wirausaha itu adalah momok paling menakutkan bagi  teman-teman ketimbang memilih pekerjaan tetap seperti buruh pabrik ataupun karyawan kantor. kenyataannya bahwa sebagian besar kita berpikir dari cermin negatif ketika mendengar kata wirausaha. Karena kalo yang  sebaliknya  terjadi maka paling tidak 70% orang indonesia sudah kaya raya sebagai pengusaha. Tidak perlu untuk menulis setumpuk kertas lamaran ke perusahan yang kadang-kadang dibacapun tidak sempat sama HRDnya. Teman-teman perlu simak kebenaran ini:

"Semua orang kaya dunia ataupun orang kaya indonesia adalah golongan pengusaha bahkan president jokowi saja adalah seorang pengusaha mebel sukses ke manca negara sebelum  akhirnya terjun kedunia politik. Dan tidak ada dalam list orang kaya dunia  itu yang merupakan karyawan di sebuah perusahan swasta ataupun  PNS perkantoran".

Mungkin kamu adalah seorang karyawan kantor dengan penghasilan UMR ataupun seorang mahasiswa dengan uang yang dikirim pas-pasan dari orang tua ataupun seorang pengangguran permanen. Tentunya masalah terbesar teman-teman dan juga saya tentunya adalah finansial yang dibawah garis level sejahtera. Don't worry!!!!

"Jika teman-teman ingin keluar dari situasi belenggu keuangan yang pas-pasan ini, coba simak ide peluang usaha berikut yang bisa dijadikan penghasilan tambahan ataupun bisa menempatkan kamu dalam susunan daftar orang kayu baru.". 

1. Unggah media video atau suara dan dapatkan penghasilan dari youtube

Teman-teman pastinya sudah tidak asing lagi dengan you tube. Dengan channel ini kamu bisa mencari berbagai macam informasi dalam bentuk video, suara, animasi,dll. Bagaimana you tube bisa menjadi ladang uang untuk teman-teman?

Kembali lagi ke talenta teman-teman sekalian. Contohnya jika teman-teman hobi membuat lagu, hobi menyanyi atau hobi bermain basket, teman-teman bisa menguploadnya di you tube channel teman-teman.  Misalnya kamu jago mengarang lagu atau menyanyi, maka yang kamu lakukan adalah merekam lagu kamu atau menyanyi dengan cara yang unik lalu mengupload di you tube dan kemudian ditonton dengan banyak orang. Semakin banyak yang melihat video kamu, semakin besar penghasilan kamu bahkan sampai ratusan juta rupiah dari channel kamu.

Ko bisa?

Sederhana penghasilan teman-teman diperoleh dari tayangan iklan yang muncul di channel kamu. Caranya kamu mendaftar di penyedia iklan misalnya dari google adsense. 

Yang kamu lakukan hanya memastikan video atau audio yang teman-teman adalah video yang banyak pengunjungnya.
Yang sangat menarik teman-teman bahkan keisang pangarep putra dari president jokowi adalah jagoan youtuber tanah air juga. Dengan mengunggah video kesehariannya dengan sang ayah president jokowi, chanel you tube keisang ramai dibanjiri pengunjung.

2. Menjadi blogger, menulis konten yang banyak dikunjungi dan kamu memperoleh penghasilan jutaan bahkan ratusan juta rupiah

Pekerjaan yang satu ini menjadi blogger berpenghasilan sangat cocok bagi teman-teman yang sedang menganggur, anak kuliahan ataupun bisa juga karyawan. Dengan menulis sesuatu di blog gratisan ataupun berbayar kamu bisa mendapatkan jutaan dari kerjasama dengan affiliasi atau iklan yang ditayangkan lewat blog kamu.


Lalu apa syaratnya biar blog kamu mendatangkan keran rupiah?


Pertama-tema, tulisan di blog kamu sesuaikan dengan bakat kamu misalnya tutorial komputer, gadget, automotif dll. Sangat penting untuk menyesuaikan dengan hobi karena pekerjaan ini teman-teman lakukan dengan jangka waktu yang agak panjang sebelum bisa menghasilkan uang. Jadi ga muluk-muluk amat, it needs a process. Dengan kamu menulis sesuatu yang merupakan hobi maka blog kamu akan di update terus secara berkala dan seiring dengan itu pengunjungnya pun terus bertambah dan penghasilan kamu pun pelan-pelan bertambah bahkan hingga ratusan juta per bulannya.


Dan kabar gembiranya lagi, blog gratisan bawaan google.com, juga bisa menayangkan iklan untuk menghasilkan uang. Jika kamu memilih platform lain seperti wordpress maka kamu harus membeli domain dulu baru blog kamu diijinkan google adsense menayangkan iklan. Tapi don't worry, ternyata blog gratisan pun bisa menghasilkan miliran rupiah per bulan teman misalnya blog mili linda ikedji( sekarang sudah pakai yang berbayar/domain).


Untuk blogger tanah air sendiri, ada beberapa deretan nama yang sudah terkenal menghasilkan rupiah yang cukup fantastis dari blog pribadinya seperti:


a). Sugeng.id

b). maxmanroe.com
c). iwanbanaran.com
d). dan masih banyak lagii.

3. Hobi menulis, jual artikel kamu ke media online atau media ternama


Teman-teman, di era perkembangan teknologi internet yang pesat sekarang ini segala sesuatu bisa di jual dan menghasilkan uang terutama skill  teman-teman.
Jika teman-teman memiliki kemampuan menulis dengan teknik dan kualitas yang baik, teman-teman bisa menulis untuk media online dan dibayar dengan harga yang cukup lumayan Rp 50.000,- per artikel. Nilai bonusnya, nama kamu akan populer terutama jika artikel tersebut mendapat pembaca yang jumlahnya significant atau viral di media sosial dan sebagainya.

Di samping itu, ada begitu banyak website yang menawarkan jasa penulisan untuk review gadget, product, website, perusahan, dll. Yang paling penting adalah kualitas tulisan sebagai nilai plus untuk rating teman-teman di internet. 

Dengan rating yang tinggi akan dibayar dengan harga yang tinggi pula.


4. Hobi fotografi, Jual foto kualitas kamu di situs terkenal di Internet

Kalo teman-teman adalah tipe petualang jangan lupa abadikan moment-moment seperti pemandangan, tempat uni bukan untuk selfi-an doank  terus pajang di medsos teman-teman lebih baik menjual foto-foto itu di situs  internet kemudian kamu dibayar pula. Sangat produktif bukan? foto-foto bukan hanya untuk sekadar selfie atau bahan untuk update status. It is just a wasting time.

Di internet ada beberapa situs yang membayar untuk foto yang teman-teman jual seperti istockphoto.com, shutterstock.com, fotolia.com, stockfresh,com dan masih banyak lagi.
Tentunya bukan foto asalan-asalan tapi gambar yang diambil dengan teknik fotografi yang baik sehingga foto yang dihasilkan memang foto yang berkualitas dan layak untuk dihargai tinggi.
Biasanya skill fotografi adalah kemampuan natural yang  di miliki tetapi disarankan juga untuk mengambil kursus singkat biar teman-teman dilengkapi skill yang mumpuni. Ada bedanya antara foto yang diambil tanpa skill dengan seorang fotografer profesional. Disitulah letak nilai jual dari foto teman-teman.

Biasanya situs pembeli foto seperti yang tertera di atas mengharuskan kamu untuk menggunakan paypal.com untuk pembayarannya karena komisi untuk teman-teman dibayar dalam bentuk dollar. Caranya sederhana tinggal registrasi di paypal.com kemudian tambahkan rekening kamu di paypal untuk ditarik dari atm dalam nominal rupiah.

5. Jasa fotokopi

Jasa fotokopi sebenarnya sala satu usaha kecil yang sangat cocok untuk mahasiswa. Kalo teman-teman perhatikan hampir pasti setiap mata kuliah mengharuskan teman-teman untuk fotokopi.
Dengan menenyediakan jasa foto kopi di lokasi strategis seperti di dekat kampus, di sekolahan akan memberikan tambahan penghasilan lumayan untuk teman-teman.

Mungkin teman-teman beralasan kan harga mesin foto kopinya sangat mahal?

Tenang, sekarang ada banyak mesin foto kopi yang disewahkan. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar. Dengan mesin foto kopi sewahan, harganya relatif murah dan sisa keuntungannya sangat lumayan untuk menambah penghasilan.

6. Punya Kemampuan negosiasi be smart negotiator

"Jual omongan dan raih penghasilan berlimpah"

Kalimat ini sangat tepat untuk teman-teman yang punya skill negosiasi yang baik. Dengan pendekatan mempengaruhi atau meyakinkan orang lain juga modal yang sangat baik untuk mencari sumber penghasilan tanpa harus kamu duduk 8 jam di kantor dan ujung-ujungnya bosan.

Masalahnya bagaimana kita menjadikan kemampuan negosiasi kita di atas rata-rata untuk dijadikan uang???
Sederhana saja teman-teman, kamu bisa menjadi third party agen/pihak ketiga yang bisa menghubungkan penjual barang/jasa dengan pembeli.

Sejujurnya, saya sebenarnya  terinspirasi dari seorang teman yang kerjanya cuma terima telpon dari customer dan mendapatkan rata-rata penghasilan Rp 600.000,- per hari. Uniknya dia tidak menjual barang, cuma penghubung antara customer dengan penjual barang.

Apa itu mungkin?

Teman saya ini, menjual bebek packing. Lucunya, dia tidak memiliki stock barang cuma menghubungkan dengan pembeli. Segala urusan pengiriman menjadi tanggung jawab penjual dan dia tinggal terima komisi penjualan rata-rata Rp 600ribu per hari. Lebih besar bukan dari gaji orang kantoran?

Penjualan bebek tergolong komoditi yang sangat langkah tapi disitulah justru peluang besar dari teman-teman untuk menghasilkan jutaan dari sini. kalo teman-teman amati di pinggir jalan ada begitu banyak pecel ayam dan bebek jarang sekali. Belajar dari teman saya ini, setiap kali mampir di pecel ayam, dia selalu memanfaatkan kesempatan menawarkan supply bebek ke pemilik pecel. Hasilnya hampir 60% yang perna dia negosiasi setuju untuk menerima supply bebek. Selanjutnya dia hanya kontak penyuplai dan mengirim ke tempat tersebut dengan keuntungan 4 sampe 5 ribu rupiah per ekor. Jika ada 10 customer dengan rata rata  10 ekor per minggu tinggal dikali aja. belum lagi yang disupply ke restoran dengan partai besar.
 Teman-teman juga bisa mencoba keuntungan dibisnis ini.

7. Menjadi sales mobil bayangan

Mencari tambahan penghasilan dengan menjadi sales mobil bayangan juga sangat menjanjikan teman-teman. Dengan modal yang hampir tidak ada karena teman-teman cuma menggunakan kemampuan menawarkan product dengan relasi, teman-temanmu atau lewat medsos.

Selain itu teman lakukan tidak dengan full time alias iseng-iseng saja.
Pekerjaannya cukup gampang, tinggalkan menawarkan promo harga mobil lengkap dengan update diskon dari kenalan sales mobil yang asli dan teman-teman bisa promosikan lewat instragam, facebook, twitter atau promosi langsung di lingkungan sekitar teman-teman. Bisa dipabrik temapt kerja misalnya atau dimana saja.

Untuk satu mobil saja teman-teman bisa dapat komisi sampe 2 juta loh. Itu kamu dapatkan dari sales langsung yang menangani customer yang teman bawah. 

Ini juga berangkat dari pengalaman teman saya yang hampir tiap bualn menjual2 atau tiga unit padahaa cuma sales bayangan. Jika dihitung sebulan dia bisa dapat sampai 7 juta. 




Comments

  1. wow artikelnya bagus banget ka sangat menginspirasi apa lagi buat orang-orang yang lagi cari peluang usaha cocok banget rekomendasi banget top deh
    usaha sampingan
    bisnis rumahan
    bisnis

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama