Skip to main content

Fakta Kesuksesan Jack Ma CEO dan Pemilik alibaba group dan orang terkaya Cina

Nama jack ma mungkin tidak asing lagi bagi kita. Jack ma adalah CEO dan owner alibaba group sebuah perusahan e-commerce yang terbesar di china. Bahkan perusahan ecomerce alibaba ini disandingkan dengan ebay dan sekarang berada di deretan  perusahan berbasis teknologi paling berharga bersama google, apple, facebook dan microsoft.  Jack ma sendiri menempatkan posisi sebagai orang terkaya di negeri tirai bambu tersebut dan orang terkaya nomor dua seasia serta masuk dalam daftar orang ke 23 terkaya di dunia versi majalah forbes. Total kekayaan bersih dari pengusaha nomor satu negeri tirai bambu ini ditaksir $36 milliar.

Tapi bukan kesuksesan jack ma sekarang yang menarik untuk di perhatikan tapi pengalaman hidup dari pemilik alibaba group ini dari nol hingga menjadi milliarder sukses dunia. Berikut fakta dan pengalaman pahit jack sebelum mendirikan alibaba group.

1. 10 kali melamar ke harvard university dan ditolak10 kali juga

Fakta Kesuksesan  Jack Ma CEO dan Pemilik alibaba group dan orang terkaya Cina
yosuccess.com
 Jack ma ternyata sangat memprioritaskan pendidikan sebagai target utamanya. Ia sangat berkeinginan untuk bisa kuliah di harvard university dan mencoba keberuntungan mengajukan lamaran  kuliah sebanyak 10 kali tapi semuanya ditolak oleh pihak kampus. Atas peristiwa itu, orang kaya nomor satu di cina inipun bilang ke dirinya kalo suatu saat dia akan memberikan kuliah umum di harvard university.

2. Pernah melamar waiter di KFC dan ditolak

Jack ma seorang terkaya ke 23 dunia pun pernah mengalami masa sulit dan ingin melamar menjadi waiter di KFC. Dari 24 kandidat yang melamar hanya satu yang tidak diterima yaitu jack ma. Sulit membayangkan pengalaman penolakan seperti itu, bayangkan diri anda sangat membutuhkan perkerjaan, kehabisan uang dan mengalami peristiwa seperti jack ma. Tapi hikmahnya, pengalaman yang mungkin saat itu adalah pengalaman buruk justru menjadi satu tangga kesuksesan pendiri alibaba ini.
Seandainya dulu ia diterima bekerja di KFC , maka kemungkinan besar alibaba tidak perna ada karena setiap saat jack ma akan sibuk melayani customer kfc yang berjubel.

3. Pernah menjadi Guru Bahasa Inggris

Jack ma memiliki tekad yang tinggi untuk belajar bahasa inggris bahkan sejak usia 12 tahun. Selama 8 tahun jack menghabiskan waktu bersepeda ke hotel di kota hangzou untuk mempelajari bahasa inggris. Pendiri alibaba group ini harus menempuh perjalanan sejauh 160 km ke kota hangzou dan rela menawarkan diri untuk menjadi pemandu turis dengan free alias gratis hanya untuk mengasah kemampuan bahasa inggrisnya.

4. Melamar ke universitas di hangzou dan dua kali di tolak

Setelah lulus SMA jack ma mencoba melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di sala satu universitas di kota hangzhou dekat shanghai. Tapi dia perna ditolak sebanyak dua kali, Waaaahhhh,,, ternyata pengalaman penolakan paling dominan dalam riwayat pengusaha nomor dua asia ini. Kemudian jack ma melamar ke institut bahasa asing kemudian dia diterima. Setelah selesai kuliah dia bersama 300 lulusan lainnya dipekerjakan sebagai guru bahasa inggris di universitas dengan  honor hanya Rp 145.000 per bulan. Bayangin, gaji segitu buat makan aja ga cukup. 

5. Merantau ke amerika serikat pada tahun 1995

Taun 1995 jack ma merantau ke seattle amerika serikat. Disana dia bekerja sebagai translator bahasa inggris di sebuah perusahan. Di tempat inilah dia mengenal pertama kali tentang internet. Tapi hal yang sangat mencengangkan jack ma adalah tidak ada satu pun ulasan tentang negaranya china di internet. Di situlah dia berpikir akan peluang besar lewat internet dan memutuskan untuk membuat sebuah website china yellow page yang merupakan direktori perusahan perusahan yang berlokasi di cina. Lewat situs tersebut jack mendapatkan banyak email dan tawaran proyek dari perusahan tersebut.

6, Idenya untuk mendirikan alibaba ditolak oleh 18 orang temannya 

Fakta Kesuksesan  Jack Ma CEO dan Pemilik alibaba group dan orang terkaya Cina
liputan6.com
Sebelum mendirikan alibaba dengan investasi awal sebesar $60,000, jack ma mengundang 19 temannya di apartemennya di kota hangzhou untuk memberikan pendapat. Tapi semua 18 temannya menolak cuma satu orang yang menyarankan dia untuk mencoba dulu merintis usaha tersebut dan jika di tengah jalan ada hambatan tinggal back to the normal. 

7. Dari awal jack bervisi alibaba akan menjadi perusahan global

Ada sedikit pertanyaan yang tersirat dibenak kita kenapa nama e commerce nya alibaba?
Pemilihan nama alibaba bermula waktu owner perusahan ini mengunjungi kedai minuman dan bertanya kepada pelayannya untuk sebutkan satu kata yang dikenal secara global. Pelayan tersebut menjawab alibaba, Sekadar info buat teman teman yang penasaran, alibaba adalah sebutan untuk sembilan perampok yang memberikan jarahannya untuk masyarakat sipil, miripan denga robinhood. 

Mulanya alibaba hanya untuk menjadi perantara bisnis untuk sektor usaha kecil dan menengah namun kemudian menjelmah menjadi perusahan raksasa international. Tonggak awal kesuksesan besar alibaba adalah ketika memecahkan rekok initial public offering(IPO) terbesar untuk perusahan berbasis teknologi di tahun 2014. Dari hasil IPO alibaba meraup dana segar $25 milliar,
Sekarang alibaba memiliki berbagai jaringan bisnis seperti taobao, tmall,etao, alibaba cloud  computing, juhuasuan, aliexpress.com, alipay. Jack ma sendiri juga membeli klub sepakbola guangzhou dan menjadikannya klub raksasa dan berhasil menang liga champions perdana asia.
Pemilik alibaba ini juga dikabarkan sempat tertarik untuk membeli klub sepak bola AC Milan,

8. Jack  ma adalah Pelajar bodoh matematika

Sala satu pelajaran yang paling tidak disukai jack ma adalah matematika. Dia sering mendapatkan nilai rendah di sekolah dasarnya khusus untuk pelajaran matematika.

9. Tampang Jack Ma ndeso dan postur tubuh kecil

Jack ma seperti yang terpampang di foto diatas memiliki tampang yang kalo dibilang jujur tidak cukup menarik untuk kaum wanita. Mungkin kalimat trendnya tampang ndeso,,,Postur tubuh jack ma juga tidak seatletis bruce lee, kurus dan pendek. Tapi orang ini adalah orang yang sangat berpengaruh di dunia bisnis berbasis teknologi bahkan dianggap sebagai steve job nya asia. 

Waktu kecil jack ma sering diejek sama temannya karena badannya yang kurus dan tampangnya yang ga kece kece amat. Dia sering kali berantem dengan temannya karena menjadi bahan olokan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama