Mendapat pekerjaan pertama merupakan sebuah impian dan kegembiraan bagi semua orang. Terlebih lagi jika sebelumnya kamu telah menghabiskan waktu yang cukup lama dengan menganggur, bosan dengan kegiataan yang monoton di rumah, diomelin karena kerjaanya cuma nongkrong, pasti dengan adanya pekerjaan baru membuat pengalaman hidupmu lebih berbeda, kamu seolah lepas dari beban yang begitu besar, setidaknya lepas dari titel yang tidak menyenangkan :" Penganggur".
Setelah lulus SMA atau Kuliah pasti semua orang mendambakan dunia kerja. Ada perasaan cemas, penasaran, excited di saat hari pertama kamu bertemu dengan bos, lingkungan baru yang sangat berbeda dengan situasi kampus atau pun sekolah kamu sebelumnya.
Apa yang harus kamu lakukan setelah hari pertama kamu bekerja?
1. Pegang Prinsip "empty glass to be filled"
Saat pertama kamu kerja tentunya kamu bertemu dengan orang-orang yang sudah lama dan kamu hanyalah seorang newbie di tempat kerja mu. Penghargaan kamu lewat sikap atau tutur kata sangat penting. Kamu harus mengganggap senior-seniormu sebagai orang berpengalaman dan memiliki pengeteahuan kerja yang jauh lebih luas. "an empty glass to be filled" sangat penting. Hindari perilaku sok tahu kecuali jika kamu ditanya senior mu memecahkan masalah yang belum terselesaikan. Yang terpenting disini jadilah pribadi yang terbuka untuk pengetahuan kerja dan jangan langsung menggurui senior seniormu, toh kamu masih seorang new bie di tempat kerjamu.
2. Disiplin dan berpenampilan rapih
JAKARTAKITA.COM |
Disiplin waktu dan berpakaian rapih adalah contoh hal sederhana yang mesti kamu lakukan. Bayangkan jika baru minggu pertama kamu kerja, telatnya uda 3 kali, pasti atasanmu ill feel. Kamu juga harus berpakaian rapih karena hal itu mencerminkan profesionalisme bekerja. Hal yang mesti kamu ingat, kadang di tempat kerja orang lebih memberi nilai lebih jika kamu berpenampilan yang rapih. Hal ini mutlak, masa ia kamu berpakaian kaya orang ke pasar??? tentu tidak, karena kamu memasuki wilayah kerja dan melatih dirimu untuk berdisplin waktu dan juga penampilan kamu.
3. Mulai membuat perencanaan keuanganmu dan stick to that rule
Motivas utama kita bekerja adalah untuk mendapatkan uang atau penghasilan kita sendiri. Tapi hal ini hampir dialami oleh sebagian besar karyawan atau pekerja setelah mendapatkan gajian pertama dan seterusnya gajinya habis sebelum gajian tiba. Ketika di cross check pengeluaran berjalan ternyata hampir 50% pengeluaran untuk hal yang tidak begitu penting misalnya rokok untuk cowok, shopping, traktir teman berlebihan, hang out dan lain-lain. Kamu mesti menyusun rencana pengeluaranmu dan selalu berpatokan pada rencana kamu. Sisakan penghasilanmu untuk menabung sejak pertama kamu kerja.
4. Promosikan hasil pekerjaan mu di profil media sosial seperti Linked in & twitter
Keberhasilanmu dalam memecahkan project atau tugas yang dikasih oleh atasanmu merupakan hal yang patut kamu bangga. Akan tetapi hindari pamer keberhasilanmu secara langsung dengan rekan kerja atau atasanmu. Kamu bisa memposting hasil projectmu di profil media sosial seperti twitter dan linked in. Saya menyarankan kedua medsos ini karena lebih efektif dalam mempromosikan profesionalisme kamu sebagai pekerja ketimbang menggunakan media sosial seperti facebook. Lewat linked in atau twitter atasanmu pasti mencari informasi tentang kamu bagaimana kamu mengaktualisasikan ide lewat media sosial. Pastikan kamu membersihkan postingan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, Hindari promosi lewat facebook karena sebagaian besar isinya adalah cuurahan hati orang orang yang galau dsb,
5. Pelajari karakter boss mu dan bereaksi secara profesional
Ketika kamu pertama bekerja kamu akan menjumpai atasan atau bos dengan karakter yang berbeda. Yang harus kamu lakukan adalah mempelajari karakternya dan memberikan counterpart yang seimbang dan tidak juga terkesan lebay. Kamu juga menghindari intrik cari muka karena bisa saja itu menjadi boomerang untuk kamu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah bekerja secara profesional tanpa harus memiliki kedekatan dengan atasan kamu. Hal ini akan mengasah kualitas kerja dan kepribadiaan kamu sendiri sekaligus menghindari terjadinya hal hal yang bersifat diluar kerjaan. Hal ini sangat penting untuk kaum perempuan.
6. Membangun relasi dengan semua orang dan hindari musuh
Tempat kerja yang baru adalah tempat dimana kamu bisa membangun jaringan yang sangat luas. Jaringan yang kamu bangun merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk jangka panjang dan jangka pendek. Kamu mesti bergaul dengan semua rekan kerja mu dan tidak memilih milih untuk bergaul dengan orang yang hanya kamu suka atau senang. Ketika kamu diterima dalam pergaulan kerja oleh semua rekan kerja mu maka kamu cendrung merasa nyaman dalam bekerja. Rekan kerjamu pun akan membantu kamu dalam berbagai kesulitan kerja bahkan hal hal di luar kerjaan tergantung cara kamu bertingkah dengan baik terhadap mereka. Hindari lah mencari musuh karena hal itu akan sangat mengganggu kamu dalam hal pekerjaan. Perbanyak pertemanan akan mungkin menjadi partner masa depan kamu dalam hal bisnis, dll.
Comments
Post a Comment