Skip to main content

25 Tempat wisata menarik di sumatera utara

Sumatera utara merupakan salah satu target destinasi wisata terkenal yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu tempat wisata yang terkenal di sumatera utara adalah danau toba dan pulau samosir yang sudah mendunia. Setiap tahun diadakan festival danau toba yang diramaikan dengan berbagai atrakasi budaya, makanan lokal yang disajikan untuk pengunjung. Kegiatan festival ini didukung pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan ke tempat ini.

Sumatera utara tidak hanya terkenal dengan danau toba yang mendunia, terdapat berbagai tempat wisata lain yang tidak kalah tenar dan sudah banyak diexplore oleh wisatawan seperti air terjun sigura gura, bukit lawang dan berbagai tempat menarik lainnya. Berikut daftar lengkap tempat wisata di sumatera utara.

A. Tempat wisata di kota medan
1. Istana maimun

25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
Merupakan salah satu tempat wisata historis di medan yang ramai dikunjungi. Istana maimun terletak di dekat mesjid raya medan dan merupakan tempat bersejarah peninggalan sultan deli. Di dalamnya terdapat banyak peninggalan bersejarah. Namun sayangnya terdapat banyak pakaian yang di jual mengurangi aura historis dari istana maimun ini.



2. Tjong a fie mansion

25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
tjongafiemansion.org
Merupakan situs bersejarah yang menggambarkan budaya dan sejarah etnis cina di medan. Mansiin tjong afie di bangun oleh tjong a fie yang merupakan seorang pedagang cina yang kemudian memiliki tanah dan perkebunan yang banyak di medan. Kemudian dia menjadi ketua dari etnis cina. Untuk mengunjungi mansion ini dikenakan tarif Rp 35 ribu dan dipandu oleh tour guide yang menjelaskan banyak hal tentang kebudayaan cina di medan.



3. Gereja graha maria velangkani

25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
lihat.co.id
Adalah gereja katolik yang di bangun pada tahun 2005. Gereja ini sangat unik karena architeknya yang bercorak indomogul. Gereja graha maria velankani terletak kurang lebih 30 menit ditempuh sepeda motor dari kota medan. Tempat ini ramai dikunjungi wisataean terutama saat perayaan natal.




4. Kuil gunung timur
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
tripadvisor
Merupakan kuil hindu taism yang terbesar bahkan di daratan sumatra. Kuil ini dibangun tahun 1962 dan merupakan sala satu ikon multikultural di medan.

5. Rahmat galeri medan


25 Tempat wisata menarik di sumatera utara

Merupakan museum dan galeri hewan internasional yang memajang hampir 2000 satwa dari berbagai spesies dunia.

6. Taman ahmad yani

25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
medanwisata.com
Terletak di jl. imam bonjol maimun kota medan. Taman ahmad yani merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang sering digunakan sebagai tempat rekreasi. Taman ahmad yani  digunakan sebagai ruang olahraga, aerobik, senam dan jogging. Disana terdapat patung ahmad yani yang merupakan salah satu pahlawan revolusi.





7. Kebon binatang medan

25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
tribunnews.com
Kebon binatang memiliki luas kurang lebih 30 hektare dan diresmikan tahun 2005. Di dalamnya terdapat berbagai binatang rusa, singa, jerapah dan berbagai jenis hewan lainya.

8. Penangkaran buaya asam kumbang
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
Penangkaran buaya asam kumbang menjadi salah satu daya tarik bagi traveller di kota medan. Penangkaran yang dibuat tahun 1959 oleh Lo Tham Muk ini dihuni oleh sekitar 3000an ekor buaya dari berbagai spesies mulai dari yang kecil sampai buaya yang berukuran besar. Penangkaran buaya yang terletak di kota medan ini rata rata didominasi oleh buaya dari perairan muara yang mengisi lahan dengan luas 2 hektare. Selain itu di dalamnya terdapat suaka satwa mini yang dilengkapi dengan monyet, kura kura, penyu. Harga tiket masuknyapun relatif murah di kisaran Rp 10.000 per orang.

B. Tempat wisata di danau Toba dan sekitarnya

1. Danau toba
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
linkedin

Danau toba merupakan daya tarik utama dari sekian tempat wisata yang ada di sumatera utara. Danau toba merupakan danau vulkanik terbesar seasia tenggara dan terbesar kedua dunia. Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dan terbentuk sekitar 75000 tahun lalu akibat dari erupsi gunung berapi.

Danau toba merupakan danau yang terpesona di indonesia karena di kelilingi oleh bukit tinggi yang menjulang. Selain itu di tengah-tengah danau ini terdapat pulau samosir yang menyimpan mitos melegenda dari perkawinan manusia dengan ikan. Pulau samosir dalam hikayat danau toba sebagai anak hasil perkawinan antara seekor jelmaan ikan dan seorang petani pria. Fasilitas yang tersedia seperti boat maupun penginapan disini cukup terjangkau dan juga tersedia fasilitas mewah untuk kelas atas. Pengunjung juga bisa menyewa kapal pesiar untuk tur keliling danau toba menyaksikan pemandangan indah menakjubkan.

2. Resort taman simalem
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
traveloka
Merupakan salah satu fasilitas mewah resort yang ada disekitar danau toba. Resort ini langsung menghadap ke pemandangan danau toba dan merupakan rekomendasi untuk kelas atas. Selain itu, resort ini juga dilengkapi dengan taman cantik simalem yang bisa digunakan spot yang tepat untuk mengambil gambar.

3. Air terjun sipiso-piso
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
Sipiso-piso adalah air terjun yang tertinggi di indonesia. Dinamakan air terjun sipiso piso karena bentuknya yang menukik seperti bilah pisau.
Keajaiban wisata alam ini terletak di desa tongging kabupaten karo dan dikelola oleh pemerintah lokal dan bekerjasama dengan pemerintah pusat.

Air terjun sipiso piso sangat digemari terutama oleh pencinta alam karena keindahan air terjunya yang menyerupai pisau.

4.Air terjun binangalom
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
Air terjun binangalom sangat unik karena airnya langsung jatuh tepat ke danau terbesar kedua dunia ini. Air terjun ini terletak didesa binangalom toba. Untuk mencapai air terjun indah ini pun membutuhkan waktu 1.5 jam dengan kapal yang bisa disewa dari masyarakat setempat.

5. Air terjun efrata
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
dimedan.co
Terletak cukup jauh sekitar 20 km dari kabupaten toba tetap saja air terjun efrata menjadi buruan traveler. Bentuk air terjun ini yang sangat indah dengan air yang mengalir terpencar sangat menggagumkan. Pengunjung biasanya memanjakan diri menikmati cipratan air terjun dengan hawa yang sangat sejuk.

6.   Desa wisata tomok
25 Tempat wisata menarik di sumatera utara
wikipedia
Dikenal sebagai desa wisata yang menjelaskan kebudayan batak sebagai suku mayoritas di sumatera utara. Desa tomok dilengkapi dengan rumah adat kas batak, kerajinan tenun songket batak yang terkenal serta patung bonek sigale gale yang terkenal dengan misteriusnya. 


C. Nias
 Nias adalah pulau yang terletak di perairan sebelah barat sumatera utara. Pulau dengan luas sekitar 5121km2 ini dihuni oleh suku nias, etnis yang dikenal dengan sebutan cina batak di medan.
Berikut beberapa tempat wisata fenomenal di nias.

1. Pantai sirombu
Terletak di nias barat dan dinobatkan sebagai tempat wisata pantai yang terbaik di kabupaten nias. Tiap hari tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar negeri karena keindahannya yang lebih mencolok dari tempat wisata pantai lainnya di nias.

2. Pulau asu
Tempat ini juga tak kalah populer dengan sirombu dan juga terletak di nias barat. Pantai ini sudah terkenal untuk wisatawan mancanegara terutama karena keindahannya serta air lautnya yang begitu tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling.
Pulau asu begitu natural dan terjaga dengan baik.

3. Pulau bawa
Jika pulau asu terkenal dengan ombaknya yang tenang, pulau bawa justru terkenal karena ombak yang kencang hingga setinggi 5 meter. Pulau ini digemari wisatawan untuk kegiatan surfing yang sangat menantang.

4. Pantai gawu soyo
Pantai ini juga sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama di hari libur. Hal yang membuat pantai gawu soyo terkenal adalah pasir pantainya yang berwarna pink. Tempat ini juga sudah banyak dihuni oleh warga lokal sehingga tergolong destinasi wisata yang ramai dengan fasilitas yang cukup memadai.

5. Pantai tureloto
pantai tureloto merupakan pantai yang paling ramai dikunjungi terutama di hari libur. Hal ini dipantai ini adalah batu-batuan yang disekilingnya yang berbentuk menyerupai otak manusia. Hal ini juga didukung dengan pantainya yang begitu tenang dan indah sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

D. Bukit lawang dan taman national leuser park

1. Bukit lawang
Bukit lawang merupakan sebuah desa di bukit di sumatera utara. Bukit lawang berjarak 80 km dari kota medan. Bukit lawang didirikan oleh organisasi swiss yang bertujuan untuk preservasi orang hutan sumatera yang keselamatannya terancam karena diburu untuk keperluan bisnis. Bukit lawang juga merupakan gerbang menuju taman nasional leuser park.

2. Taman nasional leuser park
Taman nasional gunung leuser park berada pada ketinggian 4304 meter dari permukaan laut. Di dalam taman nasional di medan sumatera utara ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna. Bahkan 3/4 dari satwa yang ada di pelosok tanah air bisa ditemukan di gunung leuser park yang terdiri mamalia, reptile, unggas dan lain-lain. Diantaranya yang terkenal adalah siamang, harimau, gajah dsb. Sementara floras yang ada terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti bunga rafflesia arnoldi yang sudah terkenal sebagai anggrek raksasa dunia ditemukan di tempat wisata ini.

Tempat wisata di Deli serdang

1. Danau linting
Danau linting memang tidak sepopuler danau toba tapi juga merupakan destinasi wisata menarik lainnya di sumut. Danau linting merupakan danau vulkanik seluas 1 hektar dan berwarna kehijauan karena kandungan belerang yang tinggi di dasarnya. Danau linting yang terletak di deli serdang memiliki kedalaman 100 meter.

2. Bukit kapur dolok tinggi raja'
Terletak di desa dolok tinggi raha sumut dan merupakan bukit yang menyerupai salju. selain Batu kapur yang berwarna putih seperti salju, tempat pemandian air panas yang berwarna hijau tua juga menjadi daya tarik utama pengunjung namun sayangnya akses menuju tempat ini agak susah.

3. Sibolangit hill park
Terletak di sibolangit deli serdang dan dinobatkan sebagai dufannya sumatera utara. Sibolangit hill park terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. Hill park sibolangit memiliki berbagai wahana permainan dan dibangun diatas tanah seluas 20 hektar.

4. Cagar alam sibilangit
Terletak di deli serang sumut dengan luas 24 hektara. Didalamnya terdapat berbagai satwa dan fauna yang bisa dikunjungi turis.
Tempat ini menjadi lokasi favorit untuk kegiatan perkemahan/camping.

 




Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama