Skip to main content

24 Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Tuntas

20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
Menghilangkan jerawat dengan cara alami dan cepat merupakan metode yang paling direkomendasi karena menggunakan bahan-bahan non kimia yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Bagi penderita jerawat, masalah kulit ini cukup menjadi perhatian serius untuk diatasi karena mengganggu penampilan bahkan tak sedikit yang merasa minder atau kurang percaya diri. Oleh karena itu pengidap jerawat cendrung mencari cara pintas menggunakan produk berbasis kimia yang meskipun menyita biaya yang cukup mahal. Belum lagi resiko efek samping produk kimia ternyata menimbulkan masalah baru dan justru memperparah timbulnya jerawat dimuka.

Ada begitu banyak produk kosmetik, treatment ataupun cara medis yang menawarkan solusi mengilangkan jerawat dengan instan dan mudah tapi kenyataannya memerlukan biaya yang cukup mahal. 

Jerawat umumnya disebabkan oleh produksi minyak/lemak berlebih yang menumpuk dipori pori kulit wajah. Biasanya jerawat tumbuh di area muka, leher, pundak dan punggung. Selain itu penyebab jerawat lainnya adalah faktor hormon yang berlebih serta kondisi pikiran seperti stress yang memicunya cepat tumbuh di area tersebut diatas. 

Sebelum kita mengenal beberapa cara alami untuk menyembuhkan jerawat, pertama-tama kita pelajari dulu Penyebab umum timbulnya jerawat


Pada dasarnya jerawat merupakan kadar minyak yang dihasilkan kelenjar minyak dikulit untuk membuat wajah atau kulit kita lebih cerah. Tapi, kadar minyak berlebih yang harusnya keluar lewat pori-pori rambut atau buluh wajah dan yang terinfeksi oleh bakteri akhrinya membentuk  banyak benjolan di wajah, pundak atau punggung yang dikenal dengan sebutan jerawat. 

Berdasarkan pengalaman cara praktis yang salah tapi sering dilakukan adalah mengeluarkan jerawat dengan cara memencet. Secara medis, hal ini sebenarnya tidak dianjurkan karena menyebabkan infeksi pada jaringan tissue pada kulit yang menyebabkan terjadinya bopeng/bekas jerawat. 



Penyebab timbulnya jerawat 

1). Sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati di kulit muka diyakini secara medis merupakan penyebab timbulnya jerawat. Sel sel kulit yang mati ini akan menghalangi keluarnya sebum dari pori pori sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan sebum/lemak pada folikel atau pori pori yang berkembang menjadi jerawat

2). Faktor turunan

Hereditas atau faktor turunan menjadi masalah serius dan sulit untuk diatasi. Dalam hal ini kelenjar sebaceous akan bekerja secara hyperactive dan menyebabkan jerawat yang tumbuh secara permanen atau terus menerus. Treatment seperti menggunakan tanaman herbal yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar hanya menawarkan solusi yang sementara dan tidak menghilangkan jerawat secara permanen. Solusi terbaik adalah melakukan konsultasi medis dan perawatan medis yang memang membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

3). Jerawat karena pubertas

Rata rata laki laki dan perempuan akan melewati masa pubertas dimana kelenjar sebaceous akan bekerja dengan aktif sehingga menggeluarkan lemak yang banyak melalui kulit dan memicu tumbuhnya jerawat. Aktivitas kelenjar sebaceous sangat dipengaruhi oleh kerja hormon laki laki dan wanita yang mulai bekerja ketika memasuki usia pubertas. Untuk jenis jerawat kategori ini masih bisa diatasi dengan perawatan alami dan memperbanyak aktivitas olahraga, mencuci muka secara teratur dan menghindari pemakaian kosmetik yang berlebihan.

4). Pemilihan produk anti jerawat yang salah

Tidak semua obat anti jerawat yang dijual di toko kecantikan ataupun supermarket efektif untuk semua penderita jerawat. Pada kenyataanya, struktur dan teksture kulit akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap berbagai macam product. Bahkan pemakaian produk tertentu mempengaruhi kerusakan pada kulit muka karena kulit yang tergolong sensitif. Oleh karena itu, percobaan dalam menggunakan produk tersebut sebelum dipakai secara permanen harus dilakukan agar mengetahu sensitif atau tidaknya kulit wajah. Jika terjadi iritasi pada kulit maka dianjurkan untuk tidak menggunakan produk tersebut.

Berikut beberapa obat herbal tradisional alami yang paling efektif menghilangkan jerawat dengan cepat.

1. Menggunakan Yogurt dan Madu


Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Cepat.


Yogurt yang memiliki bahan dasar susu merupakan salah satu cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Kandungan vitamin dan protein yang selain menyegarkan kulit, yogurt juga bisa digunakan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena jerawat jagung yang muncul di permukaan kulit. 

Caranya: Campurkan satu senduk makan yogurt dengan madu asli kemudian oleskan secara merata pada kulit yang terkena jerawat. Diamkan beberapa saat kemudian dibilas dengan air atau menggunakan produk anti jerawat seperti ponds.

2. Menggunakan masker kentang

Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Cepat.

Makser kentang jarang diketahui sebagian orang sebagai bahan alami menghilangkan jerawat. Kentang ternyata mengandung antioxidan yang mencegah timbulnya jerawat dan juga memiliki kandungan fosfor, potasium yang mempercepat perbaikan sel kulit yang mati seperti bekas jerawat pada kulit muka atau punggung. 

Caranya: Parutkan kentang sesuai dengan kebutuhan untuk masker. Kemudian oles secara merata pada permukaan wajah. Setelah didiamkan beberapa saat bersihkan wajah dengan air yang steril. Penggunaan secara teratur akan mencegah timbulnya jerawat serta menghilangkan jaringan kulit mati pada wajah seperti bekas jerawat.

3. Lidah Buaya

20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
lida-buaya.com
Lidah buaya memiliki banyak kasiat. Tanaman herbal ini yang dikenal bisa menyuburkan rambut ternyata juga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat, goresan ataupun bekas jerawat/bopeng di muka. Gel lidah buaya terbukti mengandung vitamin yang manjur untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas luka jerawat. Tanaman herbal ini cukup mudah ditemukan dan bisa dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah.

Cukup anda siapkan potongan daun lidah buaya kemudian kupas bagian kulit arinya untuk mengekstrak gel lidah buaya. Oleskan gel tersebut di seluruh muka selama 10 menit untuk hasil yang terbaik. Biarkan gel lidah buaya meresap ke kulit wajah. Lakukan hal tersebut secara teratur untuk hasil yang maksimal. Berita bagusnya untuk teman teman yang tidak memiliki tanaman lidah buaya, gel lidah buaya juga terjual di tokoh kosmetik atau bisa dibeli secara online.

4. Baking soda
20 cara alami menghilangkan jerawat yang cepat dan terefektif
draxe.com

Baking soda yang banyak digunakan untuk keperluan seperti membuat kue dan berbagai kegunaan lainnya ternyata sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegah jerawat timbul. Baking soda mengandung sodium bicarbonate zat yang bisa membersihkan sel kulit mati bekasi jerawat, mengecilkan pori pori pada wajah serta mengeluarkan minyak berlebih pada kulit muka. Siapkan baking soda secukupnya dan campurkan dengan air. Aduk merata lalu oleskan pada muka selama 5 menit. Setelahnya cuci muka dengan air hangat dan oleskan minyak nabati seperti minyak dari bunga matahari.
5. Minyak kelapa
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
tokohmesinkelapa.com

Minyak kelapa merupakan pelembut alami yang sangat ampuh menyembuhkan bekas jerawat karena mengandung vitamin dan asam lemak yang bisa memperbaiki sel kulit rusak akibat infeksi jerawat pada muka. Caranya oleskan minyak kelapa pada bekas luka jerawat dan biarkan mengering sampai sepuluh menit. Anda juga boleh membiarkan olesan minyak kelapa dimuka tanpa harus membilas wajah biar zat vitamin dan asam lemak esensialnya bekerja optimal untuk penyembuhan luka bekas jerawat.

6. Mentimun
20 cara alami menghilangkan jerawat yang cepat dan terefektif

Mentimun sudah sangat populer sebagai masker untuk perawatan muka yang dianjurkan secara medis. Mentimun mengandung vitamin A, C dan magnesium yang sangat diperlukan untuk perawatan kulit wajahnya. Caranya tinggal iriskan mentimun lalu letakan di bekas luka jerawat dan area jerawat, diamkan selama 28 menit lalu basuh muka anda. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

7. Madu
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
madu-asli.org

Madu merupakan bahan alamiah yang memiliki kasiat tinggi untuk perawatan bekas luka jerawat pada muka. Madu juga sangat efektif untuk membersihkan pori pori sehingga mencegah timbulnya jerawat di area muka anda. Caranya tinggal oleskan madu alamiah dimuka dan biarkan madu bekerja selama satu jam atau lebih sesuai dengan kenyamanan pengguna. Catatan: gunakan madu asli dari petani madu yang masih alami dan belum dicampur dengan zat lain. 

8. Lemon

Jus lemon tidak hanya ampuh menyembuhkan bekas luka jerawat tapi juga sangat efektif untuk meregenerasi kulit yang rusak. Caranya tinggal peras lemon dan taruh diwadah kemudian oleskan pada muka dan biarkan sampai benar benar kering kemudian bersihkan dengan air. 


9. Minyak bunga mawar
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
vemale.com

Minyak bunga mawar tersedia di tokoh dan terbukti sangat ampuh untuk kesehatan kulit alami. Oleskan minyak mawar pada bekas jerawat dan jerawat 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Minyak mawar mengandung asam transtetionat dan vitamin A yang sangat cepat menyembuhkan bekas luka jerawat pada kulit wajah.

10. Campuran gula tebuh dan minyak zaitun

Gula tebu mengandung asam glikolat serta asam alfa yang santa cepat meregenerasi kulit mati termasuk bekas jerawat. Campurkan gula tebu yang diekstrak dari tebu murni dan campurkan dengan minyak zaitun dengan konsentrasi 2:1. Oleskan campuran tadi di kulit bekas jerawat dan biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

11. Vitamin E

Adalah vitamin yang sangat tepat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Di era modern ini, kapsul vitamin tersedia diapotek  dan bisa langsung dioleskan dimuka untuk mempercepat penyembuhan bekas luka jerawat serta menghilangkan jerawat di wajah. 

12. Putih telur
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
greenworldtraditional.web.id

Cukup populer sebagai metode alami untuk treatmen kulit muka dan menghilangkan jerawat. Putih telur mengandung ensim lysozim yang berfungsi mengecilkan pori pori pada kulit wajah sehingga mencegah jerawat serta mengurangkan minyak berlebih pada kulit wajah. Caranya: Ambil putih telur ayam kampung lalu oleskan pada wajah secara merata. Biarkan mengering lalu bersihkan dengan air bersih.

13. Pepaya

Pepayah sangat bagus untuk mencerahkan kulit dan membersihkan wajah dari jerawat karena mengandung vitamin, zat antioksidan dan enzim papain yang mengatasi bekasi jerawat dan sel kulit mati. 
Caranya: Haluskan daging pepaya hingga menjadi bubur lalu oleskan pada muka. Tunggu sampai 15 menit tunggu hingga mengering dan bersihkan dengan air hangat. 

14. Bawang putih
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
tandapagar.com

Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang bisa mengeringkan jerawat serta senyawa alicin yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat. Caranya: haluskan bawang putih dan campur dengan cuka sari apel untuk hasil yang optimal. Bersihkan dengan air hangat setelah 15 menit.

15. Es batu

Es batu ternyata tidak hanya untuk pendingin minuman. Es batu mampu menghilangkan jerawat dan mengeluarkan minyak berlebih pada wajah. Caranya: letakan es batu yang dibungkus dengan kain steril diarea jerawat. Ulangi proses tersebut sampai jerawat mengempis.

16. Minyak pohon tea
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
alibaba.com

Minyak pohon tea bisa diperoleh di apotek dan sangat manjur untyk mengangkat sel kulit mati bekas jerawat. Caranya campurkan 10 ml minyak pohon tea dengan setengah gelas air lalu oleskan dengan  kapas dijerawat dan bekas jerawat. Lakukan sampai 3 kali sehari.

17. Kulit jeruk

Kulit jeruk juga dikenal sebagai ramuan tradisional untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya di kulit wajah. Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan asam alpha hidroksi untuk membersihkan pori pori kulit wajah dari kotoran serta mengangkat sel kulit mati pada muka. Caranya: haluskan kulit jeruk dan biarkan sedikit mengering dibawah sinar matahari, campurkan dengan sedikit air lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas muka anda dengan air hangat secukupnya.

18. Pasta gigi

Pasta gigi atau odol juga bisa menghilangkan jerawat dan mengeluarkan minyak berlebih pada permukaan wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat. pasta gigi mengandung floride dan triclosan serta senyawa lainnya yang bisa mengeringkan jerawat dan mencegah kekeringan pada wajah. Caranya tinggal oleskan pasta gigi pada jerawat dan diamkan selama semalaman lalu bilaskan dengan air bersih. 

19. Cuka sari apel
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
 cukaapel.org

Cuka sari apel mengandung asam malat dan laktat yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga cocok untuk menyembuhkan bekas jerawat secara alami. Caranya campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan wajah dengan air hangat. 

20. Mencuci muka dengan metode penguapan
20 cara alami menghilangkan jerawat, bekas jerawat  dan komedo yang terefektif
okezone.com

Mencuci muka dengan metode uap sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Caranya:

a. Bersihkan muka dengan menggunakan minyak seperti minyak bunga mahatari(ada di supermarket) oleskan merata pada kulit dengan ujung jari jari secara lembut. Jangan menggosok dengan spons atau handuk karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

b. Siapkan minyak lavender atau yang berbahan dasar gliserin lalu tuangkan di air yang mendidih yang ditaruh di wadah tersendiri. 

c. Letakan muka anda di atas permukaan  wadah yang menguap dan biarkan uapnya mengenai wajah lalu tempelkan tisu setelah beberapa menit untuk membersihkan uap dari wajah.

21. Garam

Konsentrasi garam yang tinggi ternyata sanggup mematikan bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan jerawat dari muka. Tapi  jangan terlalu banyak karena bisa membuat kulit anda kering. caranya:

#. Oleskan cream pembersih yang berbasis non alcohol secara merata dikulit muka.

#. Adukan sesendok garam air laut dengan 3 gelas air hangat dan biarkan garam larut kemudian tambahkan sesendok madu atau gel lidah buaya.

#. Oleskan ramuan pada kulit muka dan biarkan selama 15 menit lalu bilas muka dengan air bersih.


Selain cara alami menghilangkan jerawat diatas, adalah lebih baik untuk mencegah timbulnya jerawat dari pada mengobati. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

22. Menggunakan kulit pisangan
Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Cepat.

Bagian dalam kulit pisangan yang banyak mengandung vitamin E adalah salah satu cara tradisional untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. 

Caranya: Ambil dalaman kulit pisang yang berwarna putih kemudian oleskan secara menyeluruh pada permukaan wajah. Biarkan beberapa menit menempel diwajah kemudian bersihkan muka anda dengan air dan handuk yang steril.

23. Menggunakan Tea Tree Oil


Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Cepat.

Tea tree oil atau minyak pohon tea sangat efektif untuk memecahkan jerawat/pimples di wajah anda. Selain itu tea tree oil direkomendasikan untuk kulit karena mengandung bahan anti bakteria yang bisa membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. 

Cara Penggunaan: 

Oleskan minyak tea tree oil dikapas yang streril kemudian dioleskan secara merata di kulit muka. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan secara teratur setiap malam dan anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

24. Daun Kemangi

Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Cepat.

Banyak orang yang tidak tahu kasiat daun kemanggi yang sangat baik untuk kulit terutama kulit muka. Daun kemanggi mengandung antioxidan yang sangat efektif untuk mengeluarkan jaringan kulit mati yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. 

Cara Penggunaan:


Haluskan daun kemanggi kemudian oleskan pada muka. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air steril. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu atau lebih dan anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut langkah-langkah Alami mencegah timbulnya jerawat pada wajah:


1. Hindari pemakian kosmetik berlebihan

 Khususnya untuk kaum hawa penggunaan make up yang berlebihan justru merangsang pertumbuhan jerawat. Hal karena sebagian besar produk kosmetik yang ada tidak mengandung zat antibakteri tapi justru sebaliknya menghambat peredaran darah disekitar pori kulit wajah yang menimbulkan adanya benjolan jerawat. Oleh karena itu,  khusus kaum hawa disarakan untuk lebih selektif dalam penggunaan kosmetik, gunakan yang berbahan antiseptik.

2. Kurangi stress

Stress juga merupakan kontributor utama terhadap adanya jerawat terutama di kulit wajah. Kondisi stress akan memicu kerja hormon yang menimbulkan adanya jerawat.

3. Hindari begadang

Walaupun belum ada penjelasan medis berkaitan dengan ini, tapi dari kenyataan sehari-hari biasanya sering begadang akan memicu tumbuhnya banyak jerawat di muka dan di leher. Jadi istrahat secara teratur menjadi satu solusi untuk masalah jerawat.

4. Cuci muka secara teratur dengan benar

Biasakan untuk membersihkan muka sebelum dan sesudah tidur dengan pembersih yang direkomendasikan medis yang berbahan gliserin. Selain itu, biasakan diri untuk mencuci muka dengan benar dengan cara menekan dengan lembut dan tidak dengan cara menggosok. Menggosok justru bisa merusak jaringan kulit wajah yang menyebabkan jaringan kulit muka mati dan timbulnya scars.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama