Skip to main content

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif  dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari?

Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas.

Masih ga percaya?


Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama
lebih sukses dari teman-teman yang sering bangun subuh/lebih awal. 

Kalo sebelumnya para peneliti kesehatan cendrung menganggpap kebiasaan begadang atau bangun telat tidak baik untuk kesehatan teman-teman, ternyata beberapa penelitian menunjukan kelebihan seorang yang sering tidur telat dan bangun kesiangan.


Pertama, penelitian yang dilakukan oleh universitas madrid. Dengan sample penelitian hampir 1000 remaja, menyimpulkan bahwa remaja yang sering begadang atau tidur larut malam dan bangunnya juga siang justru memiliki kecerdasan lebih tinggi, cendrung lebih kreatif dan punya kemampuan analis yang baik serta memiliki tingkat kesuksesan yang lebih besar dalam karir/bisnisnya dibandingkan remaja yang sering bangun pagi dan tidur dibawah jam 11 malam.

Kedua, penelitian yang dilakukan oleh psychologist dari loughborough menyimpulkan bahwa orang yang bangun siang cendrung memiliki kepribadian yang kreatif, ekstrovert dan inovatif sedangkan yang bangun pagi cendrung berprofesi sebagai orang kantoran, akuntan dan pegawai negeri.Dalam hal akademis, orang yang sering bangun pagi memang unggul dalam hal nilai tapi dalam hal karir justru yang sering telat bangun dikatakan akan lebih sukses. 

Fakta lain dari penelitian ini bahwa orang yang cendrung tidur hingga larut malam dan bangun siang cendrung lebih bisa bersosial lebih berorentasi pada manusia sedangkan yang sering bangun pagi lebih cendrung menggunakan cara berpikir yang logis. Lebih jauh lagi orang yang bangun siang justru memiliki penghasilan yang lebih besar sementara orang yang bangun pagi pada umumnya cendrung lebih bahagia dalam hidup.

ketiga, penelitian yang dilakukan psikologi asal jepang satoshi kanazawa dan kaja perina menyimpulkan pengaruh IQ terhadap jam biologis seseorang. Lebih lanjut, orang yang ber IQ tinggi adalah orang yang cendrung aktif di malam hari/yang telat tidur malamPenelitian dua psikolog ini menggunakan sample 20.000 remaja dari 1194 sampai mereka berusia 18 dan 28 tahun. Ada tiga pengelompokan responden yang dilakukan berdasarkan IQ: a). sangat bodoh (IQ<75)b). Bodoh (75<IQ<90)c). Normal (90<IQ<110)d). Cerdas (110<IQ<125)e). sangat cerdas(IQ>125)Dari penelitian dua orang ini orang yang sangat bodoh rata rata tidur  pukul 23.41 sedangkan yang sangat cerdus tidur satu jam kemudian di malam hari. Lebih lanjut dikatakan kalo orang yang tidur lebih awal dan bangunnya pun awal pula tidurnya lebih awal di malam hari. 

Kenapa orang yang tidurnya larut malam justru lebih sukses dan cerdas?

Ada beberapa fakta psikologi yang menjelaskan apa yang sebetulnya dilakukan orang yang suka tidur larut di malam hari.
Biasanya kegiatan yang dilakukan ya paling menghayal kemana-mana, berimajinasi kreatif tentang rancangan masa depan, strategi bisnis, bagaimana membangun hidup lebih mapan, merenung cara keluar dari kesulitan ekonomi, hayal ingin kaya, dll.

Menurut psikolog, hal-hal diatas lebih efektif dilakukan malam hari karena kerja otak juga lebih ringan ketimbang di siang hari dengan aktifitas fisik yang padat. Maka hayalan kreaktif dan produktif sangat tepat dan efektif dan menghasilkan out put yang signifikan juga. Sementara orang yang cepat tidur pastinya ga sempat keboro ngorok duluan,,,he..he,,he.

Hayalan apa saja yang dilakukan saat begadang sebelum tidur?

Tentunya hayalan produktif dan kreatif bukan hayalan ketemu gadis wooww ,,super seksi,,,bukan itu tapi hayalan tentang inspirasi bisnis, strategi, koreksi masalah, inovasi dll.

a). Gali masalah pribadi

Seharian beraktivitas tentunya teman-teman menemui banyak masalah baik disekolah, pergaulan di kampus, tempat kerja dll. Saat menjelang tidur malam digunakan sebagai kesempatan untuk mengoreksi diri kita dan menemukan hal positif untuk dikembangkan agar menjadi pribadi yang lebih baik, lebih diterima dalam lingkup sosial dengan demikian bisa  membangun jaringan yang luas. Disinilah titik temunya yang dimaksud orang begadang itu lebih sukses? Jaringan dan sukses berbanding lurus.

b). Inspirasi bisnis

Saat yang tepat sebelum tidur adalah berpikir tentang bisnis apa kira-kira yang tepat? Ketika saya bilang bisnis teman-teman jangan langsung berpikir indomaret, perusahan sendiri, punya alfamart. We won't go to far, start with the simplest ones.

Misalnya saja kamu mahasiswa, kamu berpikir bagaimana caranya mendapat keuntungan dari keharusan membeli buku yang diwajibkan dosen kamu. Hal ini kamu pikirkan di malam hari, besoknya kamu ketemu dengan distributor buku, nego harga dan jual ke teman kamu dengan harga murah. Excellent ga??
Kalo kamu tidur cepat, ya tentu saja ga sempat berpikir sekreatif itu.




Comments

Popular posts from this blog

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan