Skip to main content

15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi

Siapa yang tidak mengenal raja ampat salah satu ikon wisata di indonesia yang terletak di papua. Banyak orang menyebut kalo raja ampat adalah surga tersembunyi di papua.

Tidak hanya raja ampat, terdapat obyek wisata menarik lainnya yang tidak kalah menarik. Jadi kita tidak perlu jauh jauh ke luar negri untuk berwisata alam, pantai , danau yang sungguh luar biasa yang bisa ditemukan di papua.

1. Raja ampat

15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
youtube
Raja ampat sudah terkenal sampai ke manca negara karena gugusan pulau kecil yang menyajikan pemandangan yang luar biasa indah.

Terdapat empat pulau besar di raja ampat yaitu waigeo, misool, salawati, batanta dan pulau kecil di sekitarnya.
Raja ampat papua menjadi daya tarik untuk turis karena keindahan biota lautnya seperti corral dan biota lain yang masih natural dan perawan. Yang lebih hebat lagi hampir 75% biota laut dunia bisa ditemukan di raja ampat. Terdapat hampir 1500 jenis ikan dan penyu di bawah terumbu laut menjadikan tempat ini sasaran untuk diving spot atau snorkeling.

Sayangya terdapat beberapa turis tak bertanggung jawab yang membuat coretan di terumbu karang yang sempat heboh di media besar
Baca.


2. Danau sentani


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
tipswisatamurah.com
Danau seluas 9360 hektare merupakan danau terbesar di papua. Danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini dikelilingi oleh 21 pulau dan dikelilingi 24 desa.

Setiap bulan juni diselenggarakan festival danau sentani yang bertema pergelaran budaya masyarakat setempat. Biasanya wisatawan membeludak di bulan juni menyaksikan festival budaya. Disamping itu kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah trekking, camping, mancing atau arung jeram.



3. Taman nasional teluk cendrawasih


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
hoteldanwisata.com
Taman laut ini adalah konservasi laut terbesar di indonesia dengan luas .1453.500 hektare.

Terdapat 196 moluska dan 209 jenis ikan yang anda bisa temukan dibawah laut. Selain itu, taman konservasi laut yang terletak di nabire ini juga terkenal dengan whaleshark yang menjadi objek penelitian ahli dalam dan luar negri.

Taman nasional teluk cndrawasih diresmikan tahun 1993. Terdapat beberapa pulau yang busa di jelajahi seperti pulau mioswaar, pulau yoop, numfor, dan pulau nusrowi.


4. Danau paniai


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
zonalibur.com
Tidak hanya danau sentani yang terkenal seantero papua bahkan ke manca negara, danau paniai bahkan sudah masuk dalam perbincangan dunia terindah dunia sejak tahun 2007 di india.

Danau yang terletak di ketinggian 1.700 meter dan luas 14.500 hektare ini di kelilingi oleh tebing tebing indah serta wisatawan dan masyarakat yang berjubel di sore ini menikmati segarnya hawa senja danau.

Di papua, danau paniai merupakan salah satu penghasil ikan tawan terbesar, jadi tak heran ada begitu banyak nelayan yang mencari ikan di tempat ini terutama  di sore hari. Ada jenis ikan mas, ikan nila hingga ikan mujair. Enaknya lagi, pengunjung bisa menyewa perahu dan alat pancing jika kamu typical yang hobi mancing.

Di sekitar danau ini dihuni oleh masyarakat suku asli mee dan moni yang merupakan suku pedalaman dan asli papua.

5. Lembah baliem


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
phinemo.com
Lembah baliem atau terkenal dengan sebutan baliem  valley merupakan tempat tinggal suku dani, yali dan lani yang berlokasi di pengunungan jaya wijaya yang merupakan salah satu gunung tertinggi di indonesia.

Lembah baliem terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut dengan suhu yang extreme 10-15 derajat celcius. Yang menarik lagi, lembah ini di huni oleh suku asli papua yang masih tradisional dan memakai koteka baik yang anak kecil, orang tua, perempuan dan laki laki.

Setiap bulan agustus, diadakan festival lembah baliem yang bertujuan untuk menghindari perang suku yang marak terjadi disana. Biasanya bermula dari penculikan  perempuan salah satu suku atau pencurian ternak babi yang merupakan hewan kramat orang lokal  disana, kemudian diikuti penyerangan oleh suku yang menjadi korban menggunakan  panah, golok,bambu runcing, dll.

6. Desa wisata sauwandarek


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
wisatakita.net
Desa sauwandarek adalah desa yang terletak di pesisir pantai tepatnya di sekitar kawasan wisata raja ampat. Desa sauwandarek dipenuhi oleh rumah tradisional yang beratapkan jerami dengan jumlah populasi sekitar 46 kepala keluarga.

Perempuan desa ini aktif dengan kerajinan tangan membuat topi tradisional dari daun pandan laut. Selain itu, pengunjung disajikan dengan pemandangan laut, trekking di telaga yenauwyau yang airnya asin seperti air laut.


 7.Pantai bosnik


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
wisataindonesia.biz
Pantai bosnik adalah salah satu pantai super cantik di Papua. Lokasi pantai ini terletak tidak jauh dari biak dan merupakan salah satu daya tarik wisata tempat ini.

Pantai bosnik memiliki hamparan pantai yang sangat luas dilengkapi dengan riuan kelapa yang menjadikan pantai bosnik beda dengan pantai lain. tempat ini sangat cocok untuk menyaksikan sunset dan kegiatan lain seperti sun bathing, dll.



8. Taman Nasional lorentz


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
zonalibur.com
Terletak diantara propinsi Papua dan Papua barat. Sebagian besar, taman Nasional ini adalah vegetasi alami yang belum terjamah tangan manusia. Di taman ini juga ditemukan suku asli dan kebudayaannya seperti suku Dani  Suku Asmat dll.

Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh menggunakan pesawat atau jalur laut melalui pantai pelabuhan Sawa Erma.m masyarakat yang adalah suku disini juga berpartisipasi dalam menjaga kelestarian ekosistem yang ada termasuk flora dan fauna fauna langkah seperti kangoro atau burung cenderawasih.



9. Pantai amai


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
jalan2.com
Pantai amai adalah salah satu pantai yang unik dan jauh dari keramaian. Pantai ini sangat sepi dan tenang sangat cocok untuk wisatawan yang membutuhkan ketenangan.

Pantai amai terletak cukup jauh dari Jayapura dan mesti melewati medan yang menguras adrenalin untuk sampai ke pantai ini. Selain itu, ada beragam kegiatan yang bisa di lakukan disini seperti berang, mancing, refreshing mnyewa gazebo, voli pantai dll. Diujung pantai amai terdapat muara sungai yang biasanya digunakan untuk mandi sebelum berenang di laut.


10. Pulau rumberpon


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
ngasitau.com
Terletak di teluk Wondama yang memakan waktu lima jam perjalanan dari Manokwari.
Pulau rumberpon memiliki bentangan pasir sejauh 6 kilo meter sehingga pantai ini sangat cocok untuk aktivitas pantai seperti snorkeling, swimming, dll.







11. Pantai bakaro Manokwari


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
Manokwari adalah salah satu tempat wisata menarik di Papua yang mengundang banyak minat wisatawan. Salah satu tourism spot di Manokwari adalah pantai bakaro.

Hal yang menarik yang dilakukan di pantai ini adlah tradisi pemanggilan ikan menggunakan Pluit oleh masyarakat lokal. Selain itu, masyarakat disini memiliki makanan kas yang merupakan makanan delikasi Papua yang dikenal dengan sebutan papeda atau bubur sagu. Oleh masyarakat lokal papeda adalah penggantian nasi yang disantap dengan ikan yang dibumbui dengan bumbu lokal.
Selain pantai bakaro, pegunungan Arfak yang merupakan cagar alam juga merupakan tempat wisata yang sangat menarik dilihat dari daerah Manokwari Papua.

12. Pegunungan Arfak


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
Arfak merupakan salah satu gunung tertinggi di Papua barat dengan ketinggian 2.940 meter di atas permukaan laut. Dipuncak gunung Arfak ditemukan danau kembar yang oleh masyarakat lokal diberi nama Anggi Gita dan anggi ginji. Konon kedua danau tersebut merupakan jelmaan dari dua orang yang saling jatuh cinta dan kemudian menjelma menjadi danau.

Pada musim dingin suhu di puncak Arfak sangat dingin bahkan ada salju. Dari atas puncak Arfak, kota Manokwari bisa terlihat dengan jelas, juga pantai bakaro yang membentang luas di bawah kaki gunung Arfak.

13. Fak- fak

15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
wikipedia
Fak- fak adalah kota yang terletak di Papua barat. Untuk menuju kita ini, kita mesti menggunakan pesawat terbang langsung ke bandara udara fak fak.

Fak- fak memiliki beberapa tempat bersejarah antara lain bangunan masjid yang berusia 200 tahun dan situs gua yang berumur ribuan tahun.

Wisatawan juga disuguhkan makanan kas seperti permen sagu. Disini juga terdapat banyak tempat wisata lain seperti taman Nasional lorentz, air terjun kiti serta pantai patawana dengan pemandangan yang memukau.

14. Pantai patawana


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
tempatwisataunik.com
Pantai patawana terletak di fak fak merupakan pantai yang memiliki garis pantai yang panjang dan dihiasi dengan kumpulan pohon kelapa yang membuat pantai patawana unik dari yang lainnya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini diantaranya surfing, snorkeling terutama di bulan September. Ekosistem yang masih belum terkontaminasi serta satwa yang bisa berkeliaran bebas di pantai ditambah dengan air laut yang jernih serta pasir yang kemerahan menahan menambah pesona yang luar biasa indah dari pantai patawana.

15. Air terjun kiti kiti


15 Tempat wisata terkenal di Papua yang patut dikunjungi
twitter.com
Kalau biasanya kita menemukan air terjun di pegunungan, air terjun yang satu ini terbilang unik karena langsung mengalir ke laut.

Saat air surut, terlihat dengan jelas bentangan pantai sedangkan di kalangan air pasang akan terlihat dengan Mega air terjun yang berwarna kebiru-biruan mengalir langsung ke laut.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan samping, juga snorkeling melihat biota laut dan juga biota air tawar.


Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama