Skip to main content

Cara menabung meski gaji cuma UMR

Cara menabung meski gaji cuma UMR
blog.duitpintar.com
Sebagian besar gaji kita cuma UMR atau lebih parah lagi dibawah UMR. Gaji yang pas Pasan menjadi tantangan tersendiri ketika pekerja menginginkan kesejahteraan hidup bukan hanya memperoleh penghasilan langsung habis pakai atau habis dikonsumsi.

Biaya hidup yang semakin hari semakin naik menjadi kesulitan besar bagi kita untuk menabung padahal kunci awal untuk kesejahteraan hidup adalah menyisihkan penghasilan untuk menabung. Belum lagi untuk membiayai kebutuhan pokok seperti bayar kontrakan, biaya transportasi, biaya makan dan lain lain sudah menghabiskan hampir separuh dari penghasilan yang  terima.

Tapi tak usah kuatir, berikut adalah langkah menabung efektif untuk kamu yang hanya memperoleh penghasilan pas Pasan.

1. Keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran


 Rumusan sederhananya penghasilan harus lebih besar dari pengeluaran dan bukan sebaliknya. Secara tematis, 1/3 dari penghasilan harus dialokasikan untuk menabung dan selebihnya untuk kebutuhan lain yang sudah diurutkan menurut skala prioritas. hal yang tak kalah penting adalah buat semua list pengeluaran Anda dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan tersebut. Usahakan mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

2. Kontrol nafsu belanja yang overdosis

Cara menabung meski gaji cuma UMR
liputan6
Kamu mungkin tipical yang sering mengunjungi mall dan menemukan kenyataan membeli barang yang sebenarnya tidak ada dalam planning. Hal ini semata mata karena ketertarikan kita pada barang tertentu dan hanya ingin memperolehnya padahal kebutuhannya tidak mendesak. Kontrol keinginan kamu dan jangan beli semua barang semata hanya karena keinginan.



3. Bijak dalam memilih makanan

Cara menabung meski gaji cuma UMR
duniafitness.com
Rata-rata orang memilih makanan berdasarkan rasa enak dan tidaknya dan bukan berdasarkan sehat dan tidaknya makanan tersebut. Celakanya lagi makanan yang enak biasanya mahal dan tersedia di tempat eksklusif seperti resto atau fast food.

Untuk memperoleh makanan ini diperlukan kucuran dana yang cukup besar padahal, dengan dana yang sama kita bisa memperoleh porsi dan jumlah makanan yang lebih banyak dan lebih sehat.

4. Paksakan menabung sebisa mungkin

Cara menabung meski gaji cuma UMR
malesmandi.com
Pepatah lama mengatakan Allah bisa karena bisa. Hal yang paling sulit untuk karyawan dengan gaji pas Pasan adalah uang untuk tabungan pasti selalu sulit dan bahkan hampir tidak ada. Kenapa demikian karena orang cendrung menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu padahal uang tersebut bisa disisipkan untuk tabungan atau investasi jangka menengah dan panjang seperti tabungan Bank, properti, tanah, saham berjangka dll.




5. Miliki dua rekening atau lebih

Cara menabung meski gaji cuma UMRMemiliki rekening lebih bukan berarti kamu banyak duit. Dari sisi tabungan hal ini merupakan keharusan agar uang kita tidak cepat habis terpakai.

Credits card atau atm adalah trend transaksi sekarang ini yang sebenarnya uangnya diambil dari besarnya tabungan kita. Cara agar bisa tabung adalah memiliki dua rekening atau lebih, kemudian satu rekeningnya dikhususkan untuk menabung dan jangan diganggu gugat.

6. Pilih tongkrongan yang free

Sekali nongkrong apalagi sama teman temanmu pasti menghabiskan biaya yang lumayan. Kalau mental seperti ini terus dipelihara maka impian untuk menabung hampir tidak akan terealisasi.

Tongkrongan yang bijak adalah yang free atau gratis semisal di sebelah, taman kota, tempat wisata umum yang meskipun mengeluarkan uang hanya untuk makanan dan minuman ringan saja.

7. Koleksi emas sebanyak mungkin

Cara menabung meski gaji cuma UMR
Kamu suka perhiasan, manfaatkan hobi itu untuk mengkoleksi emas. Secara tidak langsung kamu sebenarnya sudah berinvestasi karena ketika di jual kembali emas biasanya memiliki nilai jual yang sangat menguntungkan.





8. Ikut asuransi

Cara menabung meski gaji cuma UMR
askrida.com
Asuransi sangat bermanfaat untuk mengcover biaya yang tidak terduga dan mendadak semisal saat sakit. Biaya yang dibutuhkan biasanya relatif lebih besar dan tentunya akan menguras tabungan kita habis habisan jika kita tidak antisipasi dengan cover asuransi. Oleh karena itu disarankan mengikuti asuransi seperti prolife, Prudential yang menawarkan berbagai keuntungan dengan sedikit uang yang disertakan sebagai syarat keanggotaan.

Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama