Skip to main content

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org

Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan. 

Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya. 

Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan yang layak diterima di perusahan mereka. Kadang HRD hanya melihat isi resume singkat dan surat lamaran menjadi tempat bagi anda menonjolkan skill, pengalaman kerja dan dedikasi kerja sebagai tools untuk merebut posisi yang dilamar. Berikut akan saya paparkan beberapa contoh surat lamaran lengkap beserta tips menulis lamaran yang efektif agar cepat diterima diperusahan yang dilamar. 

Ada beberapa point penting yang menjadi guideline dalam menulis lamaran kerja bahwa surat lamaran anda adalah kesempatan untuk menggaris bawahi kualifikasi, kemampuan, pengalaman relevan sehingga memperbesar peluang anda untuk bisa lanjut ke proses wawancara. 

Surat lamaran kerja biasanya terbagi atas 3 struktur penting beserta tipsnya:

1. Pembukaan

Di awal dengan salam pembuka. Di paragraf pertama ini jelaskan secara singkat tentang perusahan yang anda lamar dan kenapa anda melamar diperusahan tersebut termasuk sumber informasi tentang lowongan yang ada diperusahan tersebut. Paragraf ini hendaknya tidak terlalu panjang tapi singkat padat dan jelas. 

2. Isi

Isi merupakan struktur penting. Di bagian ini, anda harus menjelaskan kualifikasi, pengalaman, skill yang dipaparkan secara narative, menjelaskan kenapa anda layak untuk posisi lowongan yang ditawarkan perusahan. Di kebanyakan surat lamaran kerja, pelamar biasanya menyertakan identitas pribadi. Sebenarnya hal ini tidak perlu karena identitas pribadi anda bisa dicantumkan diresume dan bukan disurat lamaran. Lebih baik di bagian ini, anda menjelaskan latar belakang pendidikan, pengalaman dan skill yang mumpuni yang bisa menarik perhatian personalia suatu perusahan. 

3. Bagian penutup


Bagian penutup biasanya merupakan ucapan terimakasih atas kesediaan untuk membaca lamaran. Hal yang tidak kalah penting adalah hendaknya anda mencantumkan informasi kontak penting anda kepada perusahan yang ditujuh. 

Beberapa contoh surat lamaran kerja yang lengkap dan efektif.

1. Surat lamaran kerja umum

Kepada Yth,:
HRD Suzuki Indomobil                                                           Jakarta, 10 mei 2017
Cawang Jakarta Timur




Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya terima dari majalah kompas edisi(rabu,8 mei 2017) tentang lowongan kerja accounting di perusahan bapak, bersama ini saya mengajukan lamaran untuk posisi tersebut. 
Saya memiliki kualifikasi pendidikan formal yang mumpuni Sarjana Akuntansi dari universitas trisakti. Disamping itu saya memiliki skill MS office yang baik untuk menunjang pekerjaan diposisi yang ditawarkan. Saya sebelumnya bekerja sebagai accounting finance di perusahan pembiayaan ADIRA selama 2 tahun dengan prestasi yang baik. 
Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan beberapa berkas:

1). CV
2). Transkrip Nilai
3). Ijasah Terakhir
4). Surat Keterangan Pengalaman Kerja

2. Surat lamaran kerja di Bank

                                                                                                 Jakarta,01 juni 2017
Hal: Lamaran Kerja

Kepada Yth,:
Bpk/Ibu PIMPINAN Bank Mandiri


Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                       : Julian
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 01 mei 1990
Jenis kelamin            : Laki-laki
Pendidikan               : S1

Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja pada PT. Bank Mandiri yang bapak/ibu pimpin. 

Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan sejumlah berkas penting:

1. Foto kopi
2. Pas foto 4x6
3. Ijasah terakir
4. CV

Demikian surat lamaran kerja ini dibuat, besar harapan saya agar diterima diperusahan yang bapak/ibu pimpin.

                                                                                          Hormat saya


                                                                                         Julian

3. Contoh surat lamaran kerja via email

Subject: Seo Expertise

Dear seo Indonesia,

Bersama ini saya mengajukan lamaran untuk menjadi seo expert di perusahan yang anda sesuai dengan info yang saya terima dari iklan kompas.com.
Saya memiliki latarbelakang sebagai seoexpert. sebelumnya saya perna bekerja di seobali.com dan berhasil membuat artikel yang masuk ke top 10 di pencarian google. Selain itu saya juga mengembangkan blog pribadi:counterdaily.blogspot.com dan berhasil memenangkan persaingan untuk beberapa kata kunci yang berhubungan dengan tempat wisata dan kisah inspiratif sukses. Berbekal pengalaman tersebut serta skill yang mumpuni dalam bidang SEO, besar harapan saya untuk diterima untuk menjadi bagian dari perusahan yang anda pimpin. 


                                                                                         Sincerely yours


                                                                                         Afrianus

4. Contoh surat lamaran kerja di Perusahan swasta

                                                                     
Jakarta, 7 april 2016

Kepada Yth.:
HRD PT. ASTA INDONESIA
Jl. Cawang 06-Jakarta timur



Dengan hormat, 

Saya mengajukan permohonan kerja sebagai staff pajak di perusahan yang bapak ibu pimpin. Berbekal pendidikan S1 akuntansi pajak dan menguasai sistem perpajakan dengan baik serta dibekali skill yang kompeten dalam mengoperasikan MS office, saya berharap memenuhi kualifikasi sebagai staff admin perpajakan diperusahan yang bapak ibu pimpin. Saya telah bekerja sebagai staff perpajakan disebuah kantor akuntan publik selama 3 tahun dimana saya bertanggungjawab membuat perhitungan dan pelaporan pajak untuk perusahan klien ternama. 

Berbekal pengalaman dan skill tersebut, besar harapan saya diterima menjadi bagian dari perusahan yang bapak ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan beberapa berkas penting:

1). Transkrip nilai
2). Ijasah terakir
3). CV
4). Surat pengalaman kerja


                                                                                          Hormat saya



                                                                                           Fardy dja

5. Contoh surat lamaran kerja CPNS 

Jakarta, 10 agustus 2016
Kepada:
Yth. Dinas Pendidikan kabupaten Manggarai
Di Ruteng



Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Nadus 
Tempat/tanggal lahir: Tangkul,27 juni 1990
Jenis kelamin: Laki-laki
Pendidikan terakhir: S1
Alamat: Tangkul-colol

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak menteri pendidikan dan kebudayaan untuk diterima menjadi calon pegawai negeri sipil(CPNS) di kabupaten manggarai.

Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan berkas:

1). Pas foto 4x6
2). Ijasah terakhir
3). Transkrip nilai


Hormat saya


Nadus 

6. Contoh surat lamaran kerja untuk freshgraduate

Fresh graduate menjadi tantangan tersendiri dalam mengajukan permohonan kerja di perusahan. Terutama perusahan bonavit biasanya mengutamakan kandidat berpengalaman dengan skill yang mumpuni. Akan tetapi, ada beberapa perusahan juga yang memberikan kesempatan kepada fresh graduates untuk mengapply. 
Contoh surat lamaran fresh graduate :

Jakarta, 21 Agustus 2016

Kepada Yth.:
Pimpinan perusahan Astra
Di tempat,


Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk posisi sebagai asisten auditor di perusahan yang bapak/ibu pimpin. Berbekal ilmu accounting yang saya dapatkan dari salah satu universitas ternama UI, saya memahami dengan baik proses audit, laporan keuangan perusahan sebagai prasayarat utama untuk posisi audit yang ditawarkan. 

Disamping itu, saya memiliki kemampuan ms office yang baik terutama ms excel. Pengalaman organisasi di kampus juga mendukung saya untuk membangun ruang kerja yang baik di perusahan yang bapak/ibu pimpin.

Atas kesedian bapak/ibu membaca surat permohonan kerja ini, saya ucapkan terimakasih.

Salam hormat,


Richard


Catatan Penting:

Dalam beberapa kesempatan saya sering melihat iklan lowongan kerja dalam berbagai bentuk yang hanya tertera dan ditujukan kepada para calon karyawan untuk mengirim cv lamaran kerja. Perlu anda ketahui bahwa cv merupakan lampiran kelengkapan yang disertakan dalam surat lamaran kerja yang anda kirim dan itu artinya anda harus membuat surat lamaran kerja dan disertai dengan cv atau curriculum vitae dan syarat-syarat kelengkapan lainnya yang sudah saya jelaskan pada setiap contoh lamaran kerja di atas .

Dari sekian banyak panduan maupun tips dalam menulis lamaran kerja, secara garis besar terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran dan apa saja itu, dan apa saja yang membedakan antara membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan dan untuk CPNS? Untuk membuat surat lamaran, sebenarnya sangat bergantung dari tempat anda melamar kerja apakah anda melamar pekerjaan untuk perusahaan swasta, pemerintah atau BUMN. Dalam menulis lamaran kerja kita dapat menggunakan tulisan tangan ataupun dengan mesin ketik namun dari informasi dinas ketenagakerjaan dijelaskan bahwa jika melamar kerja untuk perusahaan umumnya bisa dibuat dengan cara tulis tangan atau mesin ketik tergantung dari tempat perusahaan anda melamar kerja sedangkan untuk surat lamaran pekerjaan dalam hal ini untuk CPNS maka harus ditulis dengan tulisan tangan

Berdasarkan alasan di atas, jika anda melamar kerja untuk perusahaan yang melibatkan perangkat komputer atau mesin ketik sangat disarankan untuk membuat lamaran kerja dengan cara diketik namun bukan berarti tidak boleh menulis dengan tulisan tangan dan jika anda memilih untuk menulis lamaran kerja dengan tulisan tangan sebaiknya pada curriculum vitae yang menjadi surat kelengkapan diberikan penjelasan singkat bahwa anda juga terampil menggunakan komputer atau mesin ketik.

Comments

Popular posts from this blog

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama