Skip to main content

16 Tempat wisata menarik di lombok







Anda bosan ke bali? Lombok bisa jadi alternative terhebat lainnya.

Lombok mulai digadang menjadi saingan berat bali dalam hal menarik turis atau wisatawan. Nama lombok mencuat ke level dunia karena keindahan alam berupa pegunungan maupun pantai di tempat ini tak kalah menarik dan indah dari pulau bali yang sudah terkenal seantero dunia.

Lombok adalah pulau yang berlokasi di sebelah timur bali yang tidak hanya sebagai pilihan alternativ dari bali tapi keindahan alamnya bahkan melebihi pulau dewata ini.

Berikut 16 destinasi wisata yang terkenal dan paling menarik di pulau lombok.

1. Pantai senggingi, pantai kutanya Lombok
Pantai senggigi disandingkan dengan pantai kuta yang terkenal di bali.
Pantai ini memiliki bentangan pasir dan pantai yang panjang serta lautan yang sungguh asri dan jernih.

Pantai sengginggi terletak tidak jauh dari bandara international lombok dan di tempuh kurang lebih 1.5 jam via darat.

Pantai sengginggi dilengkapi dengan fasilitas seperti resto, bar, cafe, hotel dan fasilitas lainya.
Selain itu kondisi ombak pantai yang sangat tenang membuat tempat ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan snorkeling mengeksplore kekayaan bawah laut pantai yang menakjubkan dan masih natural.

2. Gunung rinjani

Gunung rinjani adalah ikon pariwisata dari pulau lombok. Gunung rinjani ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua setelah gunung kerinci, dengan ketinggian 3.726 meter terletak di sebelah utara pulau lombok. Dipuncak gunung ini terdapat crater yang sangat besar dan dilengkapi dengan padang savana menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik.
Luas area taman nasional gunung rinjani adalah sekitar 40 ribu hektare.

Gunung rinjani dikenal sebagai gunung yang paling indah seasia dan dianggap oleh agama  hindu sebagai tempat tinggal para dewa.

Gunung rinjani sangat cocok untuk para pecinta treking gunung dengan awan yang pekat di atas puncaknya serta air terjun yang sangat indah.

Luas area taman nasional gunung rinjani sekitar 40 ribu hektare.

3.Pura batu bolong

Pura batu bolong, pura yang merupakan tempat ibadah agama hindu adalah tempat wisata yang menarik di lombok. Pura ini terletak di pantai sengginggi yang terletak diatas sebuah batu besar yang berlubang.

Sebagaimana tempat ini adalah kramat, maka pengunjung diwajibkan memakai kain kuning di pinggang sebagai simbol penghormatan sama halnya di pura lain agama hindu.
Di depan pura terbentang pantai sengginggi yang begitu indah, apalagi kalo sore sambil menikmati sunset yang bisa dicapture dengan menakjubkan dari tempat ini.

Tempat ini punya kaitan erat dengan sejarah pendeta hindu yang hijrah dari pulau jawa ke bali dan lombok.

4.Dessert point bangko bangko lombok


Pantai yang dijuluki dessert point atau bangko bangko dalam dialek lokal tersebut merupakan salah satu dari 10 besar pantai dengan ombak terganas versi surfing association.

Dessert point terletak di lembar dan menempuh waktu 2 jam dengan mobil dari pelabuhan lembar.

Pantai ini terletak di barat daya lombok dan merupakan yang paling direkomendasikan untuk kegiatan surfing. Jadi tempat ini sangat cocok untuk kamu yang pencinta surfing.

5. Gili air, gili meno dan gili trawangan

Ketiga gili ini merupakan sebutan untuk tiga pulau kecil yang sangat menawan yakni gili air, gili meno dan gili trawangan. Ketiga pulau kecil ini memiliki garis pantai yang panjang, pasir putih, air laut dan jernih serta terumbu  karang yang dipenuhi dengan ikan hias yang beranekaragam.

Tiga gili ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk sekedar refresing, berjemur, snorkeling bahkan pesta musik pantai yang biasa dilakukan oleh anak muda. Disamping itu,  tersedia fasilitas seperti hotel, penginapan, restoran, cafe hingga diskotik untuk pengunjung.

Diantara ketiga pulau kecil ini, gili trawangan merupakan yang paling terluar sementara gili meno sering didatangi keluarga keluarga untuk liburan serta terdapat penduduk lokal yang menghuni. Gili terawangan sendiri sudah dikenal sejak tahun 1980an oleh kelompok pencinta alam. Hingga kini gili trawangan menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi dan bisa dijadikan referensi untuk kegiatan snorkeling, surfing dll.

6. Pantai sire

pantai sire terletak disebelah utara kota lombok kurang lebih sekitar 35 km. Dari pantai sire gunung rinjani terlihat begitu megah di pagi hari ketika cuaca cerah. Selain itu, pantai sire memiliki hamparan pantai sepanjang 5km yang sangat cocok untuk kegiatan memancing, snorkeling, dll.





7. Pantai tanjung aan

Tanjung aan tak kalah tenar dari tempat wisata lain seperti pantai sengginggi atau pantai atau pantai sire. Pantai ini ditempuh kurang lebih 1.5 jam dari mataram dan berdekatan dengan pantai sengginggi atau pantai kutanya lombok.Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih serta air yang jernih sama seperti pantai lainya yang ditemukan di lombok. Disamping itu, akses menuju tempat ini tidak sulit karena tersedia jalan yang bagus untuk kendaraan pribadi ataupun bis wisata.

8. Tanjung Bloam

arhieana.blogspot.com
Tanjung bloam tidak sementereng tempat pariwasata lain seperti gunung rinjani yang sering dikunjungi wisatawan. Tapi pemandangan pantai ini yang diapit oleh cadas karang menyajikan keindahan tersendiri yang unik dari tempat wisata pantai lainnya seperti gili trawangan.

karena tempat wisata ini belum populer, akses menuju kesana pun cukup susah karena fasilitas jalan yang belum mumpuni. Lokasi tanjung bloam terletak di kabupaten lombok barat dan ditempuh sekitar 2.5 jam dari kota mataram.

Di tanjung bloam bisa ditemukan konservasi penyu dan habitat lain sepanjang tebing cadas sepanjang pantai. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan extrim seperti surfing, juga snorkeling. Pemandangna pantai diwarnai semak berwarna hijau yang membuat tanjung bloam sangat terkesan masih sempurna dan belum terjamah.

9. Pantai sekotong


yukpiknik.com
Pantai sekotong terletak di kabupaten lombok barat dan ditempuh kurang lebih satu jam dari mataram. Akses ke tempat ini sangat mudah karena bisa dijangkau dari berbagai tempat. Salah satu rute yang bisa diambil untuk ke tempat ini adalah dari pelabuhan selong belanak lombok tengah dengan jarak tempuh 75-85 km.






10. Danau segara anak


telusurindonesia.com
Selain tempat wisata pantai, danau segara anak merupakan salah satu tujuan wisata yang mesti dikunjungi di lombok, nusa tenggara barat. Danau segara anak terletak di puncak gunung rinjani. Danau ini sangat unik karena warna airnya yang biru sama seperti warna air laut. Hal ini dianggap sebagai fakta bahwa gunung rinjani sebenarnya adalah pulau yang dulu terpisah.

Danau segara anak sangat disarankan untuk kamu yang pecinta alam terutama pendaki gunung. Pemandangan danau ini mesti dibayar dengan jarak tempuh 9 jam dari titik terakir kendaraan bermotor bisa tempuh dari bawah kaki gunung. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain kamping, mancing atau foto foto ria. Suhu udara di danau ini sangat dingin karenanya disarankan membawa perlengkapan yang cukup untuk cuaca yang extrim dingin.

11. Air terjun sendang side

syurgalomboktravel.co.id
Air terjun sendang gile terletak di daerah desa senaru sekitar 60 km perjalanan dari kota mataram. Air terjun sedang gila berada satu kawasan dengan gunung rinjani dan merupakan pintu masuk menuju gunung rinjani. Air terjun ini oleh masyarakat lokal dipercaya sebagai obat alami untuk awet mudah.





12. Taman narmada


kompas.com
Taman narmada dibangun oleh raja matarama sekitar tahun 1727 yang dulunya digunakan sebagai tempat upacara dan tempat istrahat raja. Tempat wisata ini terletak kurang lebih 10 km di sebelah timur kota mataram.

Air di taman ini diambil dari sumber air yang sama yang terdapat di air terjun sendang gile dan dipercaya juga memiliki kekuatan mistis untuk awet muda. Taman narmada ini juga didesain sebagai miniatur dari gunung rinjani dan dijadikan tempat wisata.

13. Hutan monyet pusuk


helo-pet.com
Merupakan tempat wisata yang terletak satu kawasan dengan gunung rinjani.  Hutan monyet pusuk terletak di puncak gunung rinjani yang dihuni oleh ratusan monyet yang sudah dikonservasi oleh pemerintah.

Tempat ini sering dijadikan tempat istrahat untuk wisatawan yang menuju puncak rinjani dan air terjun sendang gile sambil menyaksikan monyet yang berkeliaran ke jalanan. Pengunjung diperbolehkan juga untuk memberi makanan untuk monyet semisal pisang, dll.

14. Pantai mawun


pegipegi.com
Pantai mawun adalah salah satu pantai yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal yang menarik dari pantai ini adalah bentuknya yang menyerupai huruf U dan diapiti oleh dua bukit yang terbentang dengan gagah.

Pantai mawun terletak di lombok tengah. Garis pantai yang cukup panjang dan dilengkapi dengan pasir putih yang super halus membuat pantai ini mulai menarik perhatian turis lokal dan manca negara.

Fasilitas yang ada pun cukup lengkap untuk wisatawan yang berkunjung seperti kursi pantai dan penginapan terjangkau.

15. Rumah ada dusun sade


wisatalombok.com
Dusun sade berada di desa rambitan kecamatan pujut lombok tengah. Dusun ini dihuni oleh penduduk asli suku sasak yang sangat berpegang teguh dengan tradisi dan adat mereka. Kehidupan sosial masyarakat inipun masih sangat tradisionil dan jauh dari hal yang berbau modern. Hal ini yang membuat dusun sade ditetapkan sebagai destinasi wisata di lombok dan memikat turis asing yang ingin tahu tentang pola kehidupan masyarakat setempat.






16. pantai penyisok, lingkoq datu


pantai pink lombok berlokasi di desa sekaroh kecamatan jerowaru lombok timur. Untuk mencapai tempat ini anda bisa menempuh jalur darat yang memakan waktu kurang lebih 2 jam dari mataram atau 1.5 jam dari bandara international mataram. Selain itu, rute laut juga tersedia yang dimulai dari tanjung luar menggunakan perahu motor.

Pantai pink mataram memiliki pasir dan pasir pantai bercorak warna pink karena terumbu karang yang pecah serta pecahan cangkang organisme laut yang berwerna merah muda.

Pantai pink mataram mulai dikenal di publik ketika medos ramai membicarakan keunikan pantai ini karena warna pasirnya yang tidak lazim.

Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama