Skip to main content

Tempat wisata di jakarta yang ramai & wajib dikunjungi

Apa yang kamu pikirkan tentang jakarta? yang pasti ada banyak gedung yang tinggi, macet, panas, kumuh, banjir singkat cerita jakarta adalah kota hiruk pikuk dimana ketenangan, rekreasi yang natural sangat sulit di temukan.

Tapi siapa sangka dibalik gedung yang tinggi, ternyata ada banyak tempat wisata yang populer dan ramai dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara. Beberapa diantaranya adalah bangunan bersejarah, water park, taman rekreasi dan museum bersejarah yang selalu dipenuhi terutama akhir pekan dan hari libur.



1. Monas

jdlines.com
Monas merupakan tempat wisata yang paling populer di jakarta karena merupakan simbol jakarta sendiri dan juga simbol negara indonesia.

Monas memiliki ketinggian sekitar 33 meter dan terletak dipusat ibu kota jakarta. Tugu monas didirikan khusus untuk mengenang pahlawan dan perjuangan pahlawan untuk merdeka. Tugu ini didirikan oleh presiden pertama RI soekarno.

Monas memiliki museum sejarah nasional di undergroundnya yang bisa menampung kurang lebih 500 orang. Sedangkan puncak monas dilengkapi dengan emas yang didesain seperti lidah api dengan berat 50 kg sementara kadarnya adalah emas murni 24 karat.

Monas ramai dikunjungi wisatawan terutama di malam hari dan hari libur. Harga tiket untuk ke puncak monas dikisaran Rp 20.000 untuk orang dewasa. Wisatawan akan menggunakan lift ke puncak monas dan bisa menyaksikan pemandangan jakarta dan sekitarnya.


2. Kota tua

wikiwand.com
Kota tua merupakan simbol pemerintahan belanda waktu zamab penjajahan. Kota tua berlokasi di jakarta pusat dan ramai dikunjungi wisatawan terutama di malam hari. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di kota tua seperti refreshing, wisata kuliner yang disediakan seperti resto batavia, gazebo restaurant dengan harga yang relatif terjangkau.

Di kota tua ditemukan berbagai museum bersejarah seperti museum bank indonesia, museum fatahilah serta pelabuhan sunda kelapa yang merupakan ibu kota pertama sebelum kemudian dikenal dengan kota jakarta yang dikenal sekarang ini.

3. Kebun binatang ragunan
wikipedia

Kebun binatang ragukan berlokasi di jakarta selatan. Di dalam suaka fauna ini ditemukan berbagai jenis hewan termasuk yang hanya ditemukan di negara lain seperti kuda nil. Juga ditemukan binatang kas dalam negri seperti orang utan, komodo, burung cenderawasih, kasuari, koala dan lain lain.

Kebon binatang ini ramai dikunjungi wisatawan terutama di liburan akhir pekan dan liburan nasional. Harga tiket untuk perorangan di kisara Rp 25000 . selain itu, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman jadi wisatawan tidak harus menyiapkan makanan sendiri untuk datang ke tempat wisata ini.

4. Taman kota kalijodo

liputan6.com
Taman kota kalijodo masuk ke dalam daftar tempat wisata yang paling banyak dikunjungi setelah disulap oleh gubernur fenomenal jakarta ahok menjadi ruang rekreasi terbuka kelas internasional.

Sebelumnya tempat ini dikenal sebagai salah satu titik kejahatan di ibu kota dimana terdapat berbagai bar remang remang, peredaran narkoba, perdagangan wanitaDan lain lain. Ahok kemudian membumi hanguskan tempat ini dan merubahnya menjadi ruang rekreasi lengkap dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak anak serta rekreasi untuk orang tua


5. Waduk pluit

youtube
Waduk pluit adalah satu tempat wisata favorit baru yang ramai dikunjungi sejak tahun 2013.
Waduk pluit yang sebenarnya digunakan untuk resapan air mengurangi resiko banjir.

Waduk ini sebelumnya kondisinya tidak terawar, dikelilingi hunian kumuh, penuh dengan tempat sampah serta lumut dan ganggang yang penuh di permukaan. Presiden jokowi di tahun 2013 kemudian menyulap tempat ini menjadi waduk kelas internasional layaknya yang ada di amsterdam belanda.
Waduk pluit juga dilengkapi taman dan ruang terbuka di atas lahan 10 hektare di sekitar waduk. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana dan tempat refreshing untuk pengunjung.

6. Taman suropati


thehoneychambers.com
Taman suropati terletak di kawasan menteng jakarta pusat tepatnya merupakan salah satu kompleks elit di pusat kota jakarta.

Taman yang berukuran sedang ini merupakan peninggalan dua arsitek belanda moojen dan fj kubatz yang dibangun pada tahun 1913.

Taman suropati dipenuhi pohon mahoni, air mancur, kolam dan wahana lainya dan biasanya ramai dikunjungi pada malam hari.
Taman yang dekat kantor wakil presiden ini merupakan tempat bercengkerama untuk keluarga, teman, komunitas, dll.


7. Museum nasional

Museum nasional terletak di dasar tugu monas berupa ruang dengan ukuran 80 meter x 80 meter pada kedalaman 3 meter du bawah tugu monas.

Di dalam ruangan ini ditemukan sekitar 51 diorama tentang sejarah bangsa indonesia sejak zaman kerajaan, perjuangan kemerdekaan sampai zaman orde baru. Di bagian atasnya juga bisa ditemukan ruangan kemerdekaan dimana disimpan pancasila, dirgahayu selamat kemerdekaan 1945, teks proklamasi, dan juga bendera pusaka. Sayangnya bendera pusaka sekarang sudah di simpan di istana presiden.


8. TMII

triposo.com
TMII ( Taman mini indonesia indah) adalah simbol multi kultural bangsa indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan budaya. TMII nampaknya merupakan replika dari 33 propinsi yang tersebar. Di TMII ditemukan berbagai rumah adat/ anjungan masing masing propinsi.

Taman kebudayaan ini didirikan oleh mantan presiden soeharto pada tahun 1972 diatas lahan seluas 150 hektare.
Selain aneka ragam budaya seperti pakaian adat, anjungan serta fitur kebudayaan lainya, TMII dilengkapi berbagai wahan hiburan seperti perahu angsa dimana pengunjung bisa menikmati berdayung di kolam yang dilengkapi dengan miniatur kepulauan nusantara, snowbay dimana pengunjung bisa merasakan sensasi kolam renang dengan riakan ombak kecil seperti di laut, flying cart, bersepeda keliling taman mini, rumah siput, wahana main anak anak dan berbagai fasilitas hiburan lainnya.

9. Taman Impian Ancol

hargatop.com
Taman impian ancol merupakan salah satu kebanggan untuk kota jakarta. Taman ancol berlokasi di pantai utara jakarta dan di bangun di atas lahab pantai seluas 552 hektare.

Untuk masuk ke taman jaya impian ancol pengunjung sedikit merogoh kocek lumayan mahal  Rp 120.000 per orang sedangkan untuk hanya sekadar berkunjung ke pantai ancol cukup bayar tiket Rp 20.000 per orang. Disini pengunjung akan menikmati wahan yang super menantang adrenalin seperti rollcoaster, waterpark, flying cart, dll.

Taman impian jaya ancol di lengkapi berbagai fasilitas hiburan antara lain

Dunia Fantasi (dufan)
Dufan merupakan target utama pengunjung ke ancol. Wisatawan akan dibawah untuk berfantasi keliling dunia seperti asia, eropa, amerika dan juga hikayat balada kera. Dufan merupakan salah satu hiburan outdoor terbesar yang pernah di bangun.
Selain itu, wisatawan juga akan merasakan sensasi lain seperti
Water adventure, teater 3D menyaksikan biota laut, dll.

10. Kawasan Pemukiman cina Glodok


kompas.com
Glodok dikenal sebagai kawasan pemukiman cina terbesar sejak zaman orde baru. Di tempat ini bisa ditemukan bangunan yang sudah tua tapi masih dipertahankan semisal komplek pertokoan. Yang menarik dikawasan ini adalah pusat penjualan alat eletronik seperti VCD, CD, speaker, dll dengan harga yang relatif lebih murah dari pada di tempat lain. Selain itu, di glodok bisa ditemukan bangunan tua lainnya seperti vihara, tempat ibadah untuk konghucu(agama etnis cina).


11. Plaza indonesia


liputan6.com
Dalam hal urbanisme, plaza indonesia kerap digambarkan sebagai lambang kemajuan jakarta. Di sekitar tempat ini ditemukan berbagai gedung skyscrapper, pusat perkantoran, bundaran hotel indonesia yang menjadi tempat tongkrongan wisata malam yang diminati anak muda.

Plaza indonesia sendiri kerap dilabelkan sebagai kawasan elit karena merupakan tempat orang orang kaya menghabiskan waktu untuk makan, berbelanja dan rekreasi lainnya. harga barang di plaza indonesia sangat mahal sehingga hanya terjangkau untuk golongan yang mampu saja.

12. Kampung betawi setu babakan

jakartabytrain.com
Jika kamu ingin mempelajari kebudayaan betawi dan kehidupan masyarakat betawi maka pilihan yang tepat adalah berkunjung ke setu babakan.

Setu babakan merupakan pusat kebudayaan betawi mulai dari adat, pola kehidupan bercocok tanam, kerajinan rumah tangga, dll. Sembari mengenal budaya betawi secara lebih detail, wisatawan juga bisa berekreasi menghilangkan penat di sekitar danau.


13. Kepulauan seribu

Pulau seribu terletak di utara jakarta. Namanya saja pulau seribu merupakan gugusan pulau pulau kecil dengan pantai yang indah dan natural yang menjadi destinasi wisata favorit di jakarta. Ada beberapa pulau kecil terkenal di pulau seribu seperti pulau harapan, pulau pari, pulau mutiara, pulau tidung , dll.

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan disin seperti sekadar refreshing, snorkeling, swimming, diving, camping, dll.
Fasilitas yang tersedia di pulau seribu sangat lengkap mulai dari transportasi kapal dari jakarta menuju pulau seribu juga penginapan dengan biaya yang terjangkau. Biasanya wisatawan dipandu oleh travel agent.

Popular posts from this blog

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama