Skip to main content

10 prinsip yang menjadi kunci menjadi Pengusaha Sukses

8 Kunci Utama untuk menjadi Pengusaha Sukses
harmonas

Sukses yang gemilang selalu berdasarkan prinsip atau apa yang disebut sebagai kunci yang dipegang seorang untuk meraih keberhasilan dalam hidupnya. 


Ada jutaan orang kaya dunia didominasi oleh pegusaha sukses sebut saja bill gates pendiri microsoft, makr zuckerberg ceo dan pemilik facebook, jack ma owner alibaba grup berserta deretan nama lain sedangkan dalam negri ada deretan nama antony salim pemiliki indofood grup, bos jarum budi dan michael hartono, james riyadi boss lippo, tahir bos mayapada, chairil tanjung dan lain-lain. 

Yang menarik dari daftar orang kaya ini mereka adalah  dominan pengusaha, ada yang basicnya terlahir kaya dan ada juga yang merintis usaha dari nol hingga akhirnya menjelma menjadi konglomerat terkenal. Lalu apa kesuksesan mereka merupakan suatu kejadian kebetulan atau suatu proses berdasarkan prinsip atau kunci rahasia sukses yang mereka anut dalam hidup mereka.


Sebagian besar, orang kaya dunia atau lokal sependapat dengan kunci kerberhasilan mereka sebagai berikut:

1. Belajar terus dan  jangan perna puas

Fakta yang mengejutkan tentang orang sukses adalah walaupun di usia nya sudah berumur mereka cendrung memiliki hobi membaca, menambah wawasan dengan buku, koran atau tulisan bermanfaat yang rutin mereka lakukan setiap hari. Bagi mereka, membaca adalah suatu kebutuhan memperkaya otak dengan informasi baru. 

Selain, orang orang sukses cendrung memiliki mentor atau orang yang menjadi penasihat mereka dalam bisnis. Mentor tersebut bisa teman dekat atau partner bisnis yang lebih sukses dari mereka. Disinilah letak kemauan dan kerendahan hati pengusaha sukses untuk membuka diri belajar dari orang yang berpengetahuan dan pengalaman lebih. 

2 Percaya diri dan jangan pernah pesimis

Seorang enterpreneur dan pemandu acara HGTV's property amerika drew scott bilang

 "If someone tells you that you can’t do it, go out and find five ways to do it. We never gave up on anything we wanted to do.” , 

Kalo ada orang yang meragukan kemampuan kamu berbuatlah sebaliknya lakukan setidaknya 5 hal luar biasa yang kamu bisa lakukan. Jangan pernah takut untuk menaruh cita-cita setinggi-tingginya. 

Fakta yang menakjubkan dari orang sukses adalah mereka tidak pernah bermimpi atau bercita-cita ala kadar atau yang sederhana. 
Sementara kendala utama dari orang-orang yang biasa-biasa saja adalah dari cara berpikir mereka yang biasa-biasa juga, mereka cendrung hanya cari aman dalam hidup, bekerja hanya untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar dan tidak berani untuk berpikir diatas rata-rata. 

Percaya akan kemampuan anda adalah hal yang sangat mutlak. Jangan terlalu melihat pada keterbatasan fisik, kamu tidak tampan, kamu iq rendah dll. Sebaliknya temukan kelebihan yang kamu miliki, kembangkan dan kamu bisa menjadi seorang yang sangat luarbiasa. Prinsip yang sama juga diterapkan untuk kamu yang ingin menjadi seorang pengusaha. 

Cerita dari pengusaha terkaya cina, dulu ia sangat diragukan oleh teman-temannya mengembangkan bisnis berbasis internet. Kalo dia seandainya tidak yakin akan pemikirannya mungkin jack ma pemilik alibaba grup tidak akan pernah menjadi orang terkaya di china seperti sekarang. 

3.Bersabar dan jangan pernah cepat menyerah
10 prinsip  yang menjadi kunci menjadi Pengusaha Sukses

Kisah seorang blogger terkenal nigeria linda ikedji mengambarkan pentingya arti sebuah kesabaran dalam menjalankan usaha online. Dulunya selama 5 tahun linda bekerja gratis bahkan pengunjung blognya pun hanya 200 orang perhari tapi itu tidak membuatnya menyerah. Yang dilakukan linda ikedji hanya menulis dan terus menulis dan akhirnya sejak tahun 2011 ada begitu banyak pengunjung blognya dari berbagai negara dan banyak juga tawaran iklan berbayar. Sekarang dalam sebulan saja linda ikedji hampir mengantongi Rp 7 milliar, bayangkan.

Kesuksesan dalam usaha itu membutuhkan proses dimana didalamnya kesabaran adalah hal yang mutlak. Bahkan dalam perjalanan usaha kamu memenemukan tantangan, ups and downs tapi dengan terus sabarnya akhirnya ada reward untuk setiap usaha keras anda. Karena tidak benar setetes keringat hanya sia-sia.

4. Berani ambil resiko dan berani salah

Pada dasarnya memang bisnis atau usaha itu bukan untuk coba-coba saja. Tapi kesalahan diluar perhitungan pasti terjadi dalam perjalanan usaha, hal itu berarti dari awal mindset seorang pengusaha harus berani ambil resiko dalam keputusan bisnis apapun yang dilakukan dan jangan perna takut akan kesalahan. 

Warren buffet seorang pilantropis dan orang kaya ketiga dunia dikenal sebagai sosok yang berani membeli perusahan bangkrut dengan taksiran resiko yang tinggi, tapi di tanganya dengan strategi bisnis yang dia lakukan justru membuat perusahan yang dibelinya itu berkembanga pesat sampai warren buffet pernah bertengger di urutan teratas orang terkaya dunia. 

Masalahnya untuk modal usaha kecil kadang resiko bisnis merupakan momok tapi hal yang perlu digaris bawahi disini adalah kalkulasi bisnis yang tepat agar resiko bisnis lebih kecil dan bisa teratasi. 

5. Memegang komitmen

Komitmen untuk bekerja penuh atas pilihan usaha yang dilakukan sangat penting. Dalam perjalanan bisnis terdapat begitu banyak BIG Breaks dan seorang pebisnis dituntut memegang komitmen bisnis yang bisa memacu dia untuk melakukan inovasi dalam bisnisnya. 

6. Buat bisnis plan yang baik

Sebelum memulai usaha pastikan kamu memiliki konsep bisnis yang jelas mulai dari strategi modal, utang, jenis pilihan bisnis, pangsa pasar apa yang ditarget serta strategi pemasaran yang efektif. 

Hal itu semua harus sudah dimiliki sebelum mulai menjalankan sebuah usaha. Pengusaha harus stay stick to the business plan. Yang hanya perlu disesuaikan adalah pendekatan lapangan dari konsep bisnis plan sesuai dengan tuntuan pasar atau keadaan, misalnya ketika online merupakan strategi yang cukup berkembang pesat maka pilihan strategi online masuk kedalam perencanaan marketing bisnis kita. Disini dibutuhkan inovasi baru agar unik dan tampil  beda dari apa yang kebanyakan sudah ada. 

7. Pekerjakan orang yang lebih pintar dari anda

Rumusan sederhana dari pemimpin usaha yang baik adalah memperkejakan orang yang lebih pintar dari mereka. Hal yang unik dari pemimpin yang hebat adalah sebagian besar mereka buta teknologi tapi mempekerjakan justru orang yang pintar teknologi. Misalnya jack ma. Dengan terobosan bisnis internetnya jack  ma adalah orang yang basicnya hanya guru bahasa inggris tapi dia memperkerjakan berbagai ahli IT, pemasaran sehingga perusahan alibaba menjadi perusahan yang top dengan ribuan anak perusahan yang berexpansi global. 

8. Jangan lupa doa dan sedekah

Semakin kamu dekat dengan Tuhanmu semakin limpah rejekimu tapi jangan egois juga, bagikan rejekimu dengan orang yang membutuhkan. Semakin banyak kamu memberi semakin banyak kamu akan menerima. 

9. Miliki visi dan misi yang kuat

Menjadi pengusaha sukses bukan sekedar keinginan tapi membangun visi dan misi apa yang diterapkan jika suatu usaha hendak dibangun kedepan. Visi dan misi adalah tentang jenis usaha, strategi pasar, karakter dibangun agar bisnis bisa profit dalam jangka waktu yang panjang. 

10. Memiliki karakter dan prinsip

Banyak perusahan atau usaha yang gagal karena karakter sdm yang lemah. Karakter adalah prinsip hidup seperti disiplin, profesionalitas, anti korupsi dan sebagainya. Ketika usaha telah berjalan kadang ketidakmampuan dalam memiliki karakter juga bisa membuat usaha berhenti di tengah jalan. 


Comments

Popular posts from this blog

Kata-kata mutiara bijak untuk motivasi terbaik

Kata kata bijak adalah refleksi bag aimana seseorang menghadapi kenyataan hidup dan menerjemahkannya dalam bentuk kalimat motivasi yang bisa menjadi energi positif untuk memulai suatu gagasan,ide baru atau pekerjaan besar yang hendak kita lakukan setiap hari . Kata bijak diibaratkan sebagai obat raga yang terbaik ketika kita membutuhkan semangat baru untuk meraih tujuan hidup dan tidak hanya pasrah pada kesulitan hidup beserta tantangan yang ada di depan mata. Ketika anda bangun pagi dan menemukan diri anda masih lelah dan tak termotivasi sama sekali untuk memulai hari baru. Anda memikirkan begitu banyak pekerjaan berat yang akan dilakukan seharian dan dalam kondisi seperti anda membutuhkan dorongan energi baru. Kata kata bijak atau kata mutiara menjadi instrumen yang sangat tepat untuk memacu semangat anda dalam situasi seperti. Kata kata mutiara bijak bahkan telah merubah kisah sukses dari orang orang terhebat dunia yang merubah konsep dan cara hidup mereka menjadi orang sukse

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan lengkap

contohsurat.org Apakah  anda menulis surat lamaran kerja sebagai respon atas iklan lowongan kerja perusahan atau melalui informasi dari pihak ketiga kenalan anda di perusahan terkait, secara manual atau via email yang sekarang lagi ngehits, pastikan anda berpegangan pada prinsip bahwa lamaran anda adalah surat koresponden pertama yang harus mengesankan HRD atau personalia suatu perusahan.  Membuat surat lamaran yang lengkap dan efektif adalah syarat utama untuk bisa diterima perusahan yang dilamar mengingat persaingan untuk mencari kerja begitu ketat. Anda bisa menjumpai ribuan pelamar per harinya bahkan untuk satu posisi yang dilamar anda mesti bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang mungkin memiliki kualifikasi yang lebih baik dari anda. Oleh karena itu, pastikan surat pertama anda melamar kerja mengesankan pihak pemberi kerja dan stand out dari pesaing anda yang lainnya.  Banyak staff HRD di perusahan ternama mempertimbangkan isi surat lamaran untuk menjaring karyawan

Orang yang Suka Begadang dan Bangun Siang ternyata Lebih Sukses, Kreatif dan Pintar

Apa teman-teman doyan begadang atau biasa bangun telat hampir tiap hari? Jangan kuatir, itu tandanya teman-teman masuk kategori tipe orang sukses, kreatif dan cerdas. Masih ga percaya? Ada suatu penemuan yang sangat mengejutkan dari fakta tentang begadang dan kebiasaan sering bangun siang menurut penelitian para pakar. Orang yang suka tidur telat malam hari dan bangunnya pun sering kesiangan ternyata memiliki kecerdasan yang lebih, kecendrungan lebih kreatif dan terutama